ASEAN University Games 2024 : Cabor Karate Boyong 6 Emas untuk Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia kembali mendapatkan tambahan medali emas di ASEAN University Games 2024 (AUG 2024) melalui cabang olahraga (cabor) Karate. Selain emas, karate juga sukses meraih tiga medali perak dan satu perunggu.

Medali emas tersebut didapat oleh Ahmad Zigi Zaresta yang turun di kata perorangan putra. Lima lainnya dipersembahkan di kategori kumite melalui penampilan Ceyco Georgia Zefanya (-68kg putri), Hera Irnandha (+68kg putri), Mohammad Faddish (-84kg putra), Daniel Hutapea (+84kg putra), serta Muhammad Miguel Lionel Putro yang memberikan emas ke-100 untuk Indonesia saat bertanding di nomor -75kg putra.

Zigi berhak atas emas usai mendapatkan nilai terbaik 41,6. Ia menang atas karateka Thailand Phanudet Khananpao yang mendapat nilai 40,7.

“Alhamdulilah bersyukur bisa memberikan medali emas untuk Indonesia di AUG,” kata Zigi, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Zigi mengatakan bangga bisa tampil di AUG. Zigi sendiri tercatat sebagai atlet pemusatan latihan nasional PB Forki yang sudah sering membanggakan Ibu Pertiwi di multievent, seperti SEA Games.

“Meski sering mendapatkan medali untuk Indonesia, tapi tampil di AUG ini beda. Bangga karena saya juga bisa membanggakan kampus saya dan di sini juga kami tampil di rumah sendiri,” ujar mahasiswa semester 8 Universitas Pendidikan Mandalika.

Sementara itu, Manajer Karate Kontingen Indonesia Nelson Noak mengaku bangga dengan penampilan yang telah diberikan atletnya pada hari pertama pertandingan karate di AUG.

“Kami memang menyiapkan tim dengan maksimal di AUG 2024 kali ini. Atlet-atlet terbaik yang diseleksi di Kejurnas Karate lalu yang berstatus mahasiswa kami pilih dan mengikuti Training Camp intensif. Masih ada beberapa nomor pertandingan lagi, semoga hasil hari pertama ini dapat menjadi motivasi bagi yang lain untuk memberikan yang terbaik untuk Merah Putih,” kata Nelson.

Achmad Husin Alifiah

Share
Published by
Achmad Husin Alifiah

Recent Posts

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

2 jam ago

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh…

2 jam ago

Salshabilla Adriani dan Ibrahim Rasyid Diam-diam Menikah, Netizen Terkejut

Pasangan selebriti Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad resmi menikah pada hari Minggu (7/7). Kabar bahagia…

2 jam ago

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

3 jam ago

Francesco Bagnaia Juara MotoGP Jerman 2024, Geser Posisi Jorge Martin di Klasemen Sementara

Francesco Bagnaia berhasil jadi juara MotoGP Jerman 2024, setelah menyelesaikan 30 lap dengan waktu 40…

3 jam ago

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

3 jam ago