Badai dan Banjir China, Ratusan Ribu Orang Harus Dievakuasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wilayah China bagian Timur dilanda badai hujan dan banjir yang mengakibatkan sungai-sungai seperti Yangtze meluap. Akibatnya, hampir seperempat juta penduduk dievakuasi dari rumah mereka.

Kejadian ini menjadi bagian dari serangkaian kondisi cuaca ekstrem yang telah menghantam negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

“Hingga Selasa pukul 16.00, hujan badai telah menimbulkan malapetaka di 36 kabupaten dan distrik di tujuh kota setingkat prefektur di Anhui,” demikian pernyataan dari Departemen Manajemen Darurat Provinsi, dikutip Holopis.com, Rabu (3/7).

Provinsi Anhui adalah salah satu yang paling terdampak, dengan hujan badai menyebabkan kekacauan di 36 kabupaten dan distrik di tujuh kota setingkat prefektur. Sebanyak 991.000 penduduk langsung terkena dampak. Sebanyak 242.000 orang dievakuasi pada Selasa sore.

Rekaman CCTV menunjukkan bagian dari Sungai Yangtze di kota Wuhu naik cukup tinggi sehingga hampir menutupi patung yang biasanya berdiri 12 meter di atas permukaan air.

Sementara itu di daerah-daerah terdampak, seperti Hexi dekat ibu kota provinsi Hefei, curah hujan mencapai 266 mm dalam waktu singkat. Lebih dari 100 stasiun cuaca di Anhui melaporkan curah hujan lebih dari 100 mm antara Senin dan Selasa.

Puluhan ribu petugas darurat telah dikerahkan untuk memantau bendungan dan tanggul di sepanjang Sungai Yangtze, sementara kantor cuaca provinsi memperingatkan akan terus adanya hujan lebat hingga beberapa hari ke depan.

Sebagai tambahan informasi, kondisi cuaca ekstrem ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Tiongkok selama beberapa bulan terakhir. Banjir gunung di Hunan dan tanah longsor di provinsi yang sama telah menyebabkan kematian lima orang dan delapan orang, masing-masing, bulan lalu. Di provinsi Guangdong selatan, 38 orang tewas akibat hujan lebat dan banjir pada bulan Juni.

Pemerintah setempat terus berupaya untuk mengurangi dampak buruk dari bencana alam ini, dengan harapan dapat menyediakan perlindungan yang lebih baik bagi warga yang terdampak dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk memitigasi risiko di masa depan.

Darin Brenda Iskarina

Share
Published by
Darin Brenda Iskarina
Tags: BanjirChina

Recent Posts

Darren/Bernadine Gagal Juara Badminton Asia Junior Championship 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ganda campuran Indonesia yakni Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana gagal menjuarai Badminton Asia…

9 menit ago

Erick Thohir Ingin Indonesia Gebuk Balik Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memotivasi para pemain Timnas U-16 Indonesia untuk…

29 menit ago

Kunci Gitar Bermuara – Rizky Febian Feat. Mahalini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Rizky Febian, salah satu penyanyi muda populer di Indonesia, bersama dengan Mahalini,…

3 jam ago

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

3 jam ago

4 Alasan Orang Sering Tergoda Operasi Plastik

Agar bisa lebih mengerti mengapa orang operasi plastik, ini dia beberapa alasan umum yang dimiliki…

4 jam ago

Kunci Gitar Alum – GildCoustic Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - GildCoustic, grup musik akustik yang terus mencuri perhatian di kancah musik Indonesia,…

4 jam ago