BerandaKesehatanSex EducationBukan Cuma soal Hasrat, Begini Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Mental

Bukan Cuma soal Hasrat, Begini Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Mental

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masturbasi menjadi sebuah topik yang masih diselimuti stigma negatif dan menjadi hal yang tabu di masyarakat. Sebab topik seksual ini seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat negatif.

Namun, tahukah kamu bahwa di balik stigma tersebut, masturbasi menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan mental?

IKLANIN AJA

Lebih dari sekadar pelepasan hasrat seksual, masturbasi terbukti dapat memberikan berbagai efek positif bagi mental dan emosional seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kamu dapat dari aktivitas masturbasi.

1. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa masturbasi dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Masturbasi memicu pelepasan hormon endorfin, yang memiliki efek relaksasi dan antidepresan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Masturbasi sebelum tidur dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini karena orgasme memicu pelepasan hormon prolaktin, yang membantu mengatur siklus tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memahami dan mengeksplorasi tubuh sendiri melalui masturbasi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan citra tubuh yang positif. Hal ini terutama penting bagi wanita, yang seringkali memiliki citra tubuh negatif akibat standar kecantikan yang tidak realistis.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menemukan bahwa masturbasi dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori dan fokus. Hal ini diduga karena masturbasi meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa masturbasi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Hal ini diduga karena masturbasi membantu mengeluarkan racun dari prostat.

Penting untuk Diingat

Meskipun masturbasi memiliki banyak manfaat, namun penting untuk dilakukan dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab. Berikut beberapa tips:

  • Hindari masturbasi berlebihan, sebab terlalu sering masturbasi justru dapat menyebabkan iritasi pada alat kelamin dan efek negatif pada kesehatan mental.
  • Gunakan pelumas jika diperlukan, sebab pelumas dapat membantu mencegah iritasi dan membuat masturbasi lebih menyenangkan.
  • Hindari masturbasi saat stres atau cemas. Sebab, hal ini dapat memperburuk kondisi mental.
  • Jangan malu untuk mencari bantuan profesional, baik itu psikolog atau seksolog, jika kamu merasa masturbasi memiliki efek negatif pada kesehatan mentalmu.

Dengan demikian, masturbasi merupakan bagian normal dan sehat dari kehidupan seksual manusia. Dengan memahami manfaatnya dan melakukannya dengan cara yang sehat, masturbasi dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

5 Posisi Seks Ini Manjur untuk yang Kepingin Anak Perempuan

Menentukan jenis kelamin anak bisa menjadi keinginan tersendiri bagi banyak pasangan. Meskipun tidak ada metode yang sepenuhnya dapat menjamin hasilnya, beberapa teori dan praktik telah diajukan untuk meningkatkan kemungkinan memiliki anak perempuan.

Tips Dapatkan Anak Sesuai Gender yang Diidamkan

Meskipun tidak ada jaminan pasti, namun terdapat beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan peluang untuk mendapatkan anak sesuai dengan gender yang diharapkan.

Ini Cara Supaya Pasanganmu Cepat Ahhhh Ahhh Ahhhh Saat Berhubungan Seks

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dalam berhubungan seks, tentu kenikmatan yang sesungguhnya terjadi ketika mencapai klimaks. Secara fakta, betul bahwa pria lebih mudah meraihnya, tetapi berbeda...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
[wpcode id="333643"]

HOLOPIS FEEDS