BerandaNewsKesehatanMengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HOLOPIS.COM, JAKARTA HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Virus ini bisa mengakibatkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) jika tidak diobati. Mengenali gejala awal HIV penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat lebih awal.

Akibat diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang virus ini, menyebabkan banyak kasus yang menjadi tidak terdeteksi sehingga penahanan untuk penularan sulit dilakukan, dan proses perawatan kurang maksimal.

Karena itulah butuh sosialisasi yang meluas untuk masyarakat agar bisa mencegah virus ini semakin tersebar. Salah satu hal yang diketahui adalah gejala-gejala, agar perawatan bisa lebih awak dilakukan dan penderitanya bisa kembali hidup sehat dengan terus ditemani perawatan maksimal.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di Indonesia, saat ini ada sekitar 500 ribu kasus terhitung pada akhir tahun 2023.

Berikut adalah beberapa gejala yang dapat muncul pada tahap awal infeksi HIV.

1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala awal yang sering terjadi setelah infeksi HIV. Demam biasanya terjadi beberapa minggu setelah terpapar virus dan bisa disertai dengan menggigil.

2. Nyeri Otot dan Sendi

Pada tahap awal infeksi HIV, banyak penderita mengalami nyeri otot dan sendi yang tidak lazim. Hal ini sering kali terasa seperti gejala flu yang parah.

3. Ruam Kulit

Ruam kulit yang tidak nyaman atau gatal bisa muncul pada tahap awal infeksi HIV. Ruam ini umumnya muncul beberapa minggu setelah terpapar virus.

4. Sakit Tenggorokan dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Infeksi HIV bisa menyebabkan sakit tenggorokan yang berkepanjangan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha.

5. Kelelahan yang Berlebihan

Kelelahan yang tidak wajar atau terus menerus sering kali menjadi gejala awal infeksi HIV. Kelelahan ini bisa berbeda dengan kelelahan biasa dan tidak membaik meskipun istirahat cukup.

6. Lemas dan Kehilangan Berat Badan

Banyak orang dengan infeksi HIV awal mengalami lemas atau kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dengan penurunan nafsu makan.

7. Sering Infeksi

Orang dengan HIV mungkin mengalami infeksi lain yang sering atau parah, seperti infeksi saluran napas, infeksi jamur, atau infeksi kulit.

Pentingnya Pengujian dan Pengobatan Dini

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan HIV akan mengalami gejala ini, dan gejala awal ini bisa mirip dengan gejala penyakit lain. Satu-satunya cara untuk memastikan diagnosis HIV adalah dengan melakukan tes HIV. Mengidentifikasi infeksi HIV lebih awal sangat penting karena pengobatan yang dini dapat membantu memperlambat perkembangan virus dan mengurangi risiko komplikasi serius, termasuk AIDS.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi...

Yuk Minum Air Hangat! Banyak Manfaatnya loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mengonsumsi air hangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni bisa meredakan gejala flu. Namun yang pasti, manfaat dari meminum...

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS