BerandaNewsPolhukamGNK Beri 4 Catatan Penting di HUT Bhayangkara ke 78 Tahun

GNK Beri 4 Catatan Penting di HUT Bhayangkara ke 78 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid mengatakan bahwa HUT Polri ke 78 harus menjadi momentum refleksi bagi institusi Bhayangkara bisa semakin baik lagi.

“Selamat HUT ke 78 Polri. Sesuai tagline pak Kapolri, bahwa Polri harus PRESISI, artinya ; Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan,” kata Habib Syakur kepada Holopis.com, Minggu (30/6) malam.

Ada beberapa catatan penting yang perlu disampaikan kepada Polri di momentum HUT ke 78 tersebut.

Catatan pertama adalah profesionalisme dan integritas. Bagi Habib Syakur, Polri di semua level adalah satu badan yang tidak bisa terpisahkan. Sehingga kinerja jajaran Polri akan menjadi representatif institusi di mata masyarakat.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ada polisi nakal, maka masyarakat pasti cap Polri nakal. Tapi kalau polisi baik maka masyarakat akan memuji dan mengelu-elukan. Itu konsekuensi logis,” ujarnya.

Maka dari itu, ia berharal integritas dan profesionalitas Polri di semua level harus benar-benar ditingkatkan.

“Kalau ada polisi nakal, segera tindak tegas kalau perlu umumkan ke publik agar masyarakat percaya Polri benar-benar menegakkan keadilan. Dan pastikan pelayanan publik ditingkan sebagak pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,” sambungnya.

Catatan kedua adalah penegakan keadilan. Menurut Habib Syakur, masih banyak masyarakat yang suka dengan Polri ketimbang yang sentimentil. Apalagi jika merujuk hasil survei Litbang Kompas, di mana Polri menjadi institusi negara yang paling disukasi kedua oleh masyarakat.

Artinya, ia membaca bahwa jelas banyak masyarakat percaya dan menaruh kesukaan terhadap lembaga tersebut.

“Ini posisi yang baik. Tinggal apakah Polri mau menanfaatkan sebagai bahan motifasi dan koreksi atau tidak,” tandasnya.

Terlebih kata Habib Syakur, Polri sedang diuji integritasnya dalam menegakkan keadilan seperti yang terbaru adalah kasus judi, narkoba dan pembunuhan Vina Cirebon.

Secara pribadi, ia sangat mempercayai Polri mampu mengatasi semua itu. Tapi tentu harus dibarengi dengan ketegasan dan integritas itu. Sebab yang dipertaruhkan tidak hanya karir pribadi, tapi nama baik institusi,” paparnya.

Catatan ketiga adalah menjaga NKRI dari rongrongan ideologi trans nasional dan keamanan negara. Satu hal yang menjadi perhatian seriua adalah mulai eksisnya kelompok pengasong khilafah.

Baca selengkapnya di halama kedua.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Dewan Pers Desak Kapolri dan Panglima TNI Usut Tuntas Kasus Tewasnya Rico Sempurna

“Dewan Pers sangat menyesalkan terjadinya kebakaran yang merenggut nyawa tersebut,” kata Ninik Rahayu, Selasa (2/7) seperti dikutip Holopis.com.

IPW Desak Kapolres Karo Usut Tuntas Tewasnya Rico Sempurna

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso meminta dengan tegas agar Kapolres Karo dan juga Kapolda Sumatera Utara memberikan atensi serius kepada kasus tewasnya wartawan di Karo, Rico Sempurna Pasaribu bersama tiga anggota keluarganya.

Jadi Tersangka Lagi, Uang Bupati Langkat Rp 22 Miliar Disita KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin (TRPA) dan kakak kandung Terbit, Iskandar Perangin Angin (IPA) sebagai tersangka.

Gugatan PDIP Ganggu KPK Usut Kasus Harun Masiku

Proses penyidikan kasus suap mantan Caleg PDIP, Harun Masiku yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut dapat terganggu akibat gugatan kubu PDIP terkait penyitaan barang milik Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. 

Setelah Karen Agustiawan, Giliran 2 Eks Petinggi Pertamina Dijerat KPK jadi Tersangka Korupsi LNG

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka baru kasus dugaan korupsi pengadaan gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina (Persero) tahun 2011–2021.

Mahfud MD Imbau Parpol Pilih Calon Kepala Daerah Tak Lihat Elektabilitas Saja, Tapi Moralitas

Prof Mahfud MD, menyarankan kepada para partai untuk memilih calon kepala daerah yang tidak cuma memiliki elektabilitas.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS