BerandaNewsEkobizBPS Ungkap Pemicu Deflasi Dua Kali Beruntun

BPS Ungkap Pemicu Deflasi Dua Kali Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada Juni 2024 kembali mengalami deflasi, dengan besaran 0,08 persen. Angka deflasi ini tercatat lebih dalam jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,03 persen.

Plt Sekretaris Utama BPS, Imam Machdi mengatakan, penyumbang utama deflasi pada Juni 2024 ini masih sama seperti bulan sebelumnya, yakni berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Ia mengatakan, kelompok tersebut mengalami deflasi sebesar 0,49 persen, dengan andil deflasi sebesar 0,14 persen terhadap deflasi secara keseluruhan pada bulan Juni ini.

“Komoditas penyumbang utama deflasi adalah bawang merah dengan andil 0,09 persen, tomat dengan andil 0,07 persen, serta daging ayam ras dengan andil deflasi 0,05 persen,” terang Imam dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Senin (1/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, Imam juga menyampaikan, bahwa deflasi tak hanya terjadi secara nasional saja. Secara wilayah, sebanyak 26 dari 38 provinsi Indonesia juga mengalami deflasi. Sedangkan 12 provinsi lainnya mengalami inflasi.

“Deflasi terdalam berada di Papua Selatan yakni sebesar 1,11 persen. Sementara inflasi tertinggi terjadi di Papua Pegunungan sebesar 2,11 persen,” ujarnya.

Adapun dengan perkembangan tersebut, BPS mencatat tingkat inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) semakin menyusut, dari yang semula di angka 2,84 persen menjadi 2,51 persen di Juni 2024.

Kemudian secara tahun kalender (year to date/ytd), atau sejak awal tahun 2024 hingga Juni 2024, tingkat inflasi mencapai 1,07 persen. Angka ini tercatat lebih rendah dari posisi Mei lalu yang sebesar 1,16 persen.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS