BerandaPolhukamPilkadaPKB Ragu Usung Anies Baswedan : Jakarta Butuh Pemimpin Plural

PKB Ragu Usung Anies Baswedan : Jakarta Butuh Pemimpin Plural

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mengaku masih bimbang untuk mengusung nama Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024.

Bahkan, ketika PKS sudah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk maju di Jakarta, PKB makin meragukan bakal meraih kemenangan.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan, Jakarta butuh pemimpin yang plural dan bukan sosok yang justru berpotensi memecah.

“Kita hargai sikap PKS yang sudah mengunci tetapi yang diperlukan oleh Jakarta adalah kepemimpinan yang plural, kepemimpinan yang mempersatukan, kepemimpinan yang beragam,” kata Jazilul dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

“Selama ini Pak Anies sudah identik dengan PKS,” imbuhnya.

Kendati demikian, Jazilul mengakui bahwa pihaknya masih akan melakukan pertimbangan yang matang seperti melihat terlebih dahulu dinamika yang ada di Jakarta maupun politik nasional.

“Justru itu kita proses dengan melihat dinamika yang ada di DKI ataupun dinamika politik nasional karena Pilkada DKI pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional,” tukasnya.

Bahkan, lanjut Jazilul, bisa saja mereka kemudian malah kembali mendukung Anies Baswedan meski kemungkinan koalisi dengan PKS masih kecil.

“Yang namanya kemungkinan serba terbuka di politik, tetapi yang jelas PKB berharap semua dibahas bersama-sama. Kita tidak mem-bypass satu dengan yang lain. Kita berharap koalisi lebih besar karena PKB dengan PKS masih kecil,” jelasnya.

Terkait komunikasi dengan PKS, Jazilul mengatakan telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan PKS. Namun, untuk pertemuan resmi PKB dan PKS belum dijadwalkan.

“Secara orang per orang saya pikir sudah, tetapi terkait keputusan, belum ada duduk bersama. Justru kita sedang melihat dinamika yang ada di Jakarta atau dinamika politik nasional karena Pilgub Jakarta pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Bos LSI Sebut Peta Persaingan di Pilgub Jateng Masih Terbuka Lebar

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyampaikan, bahwa peta persaingan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 masih terbuka lebar bagi semua kandidat.

Gerindra Cs Dukung Andra Soni – Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Bakal Calon Kepala Daerah untuk Provinsi Banten, khususnya Pilgub.

Gerindra Sebut Prabowo Punya Kejutan di Pilkada Jakarta

Partai Gerindra menyebut bahwa sampai dengan saat ini Prabowo Subianto sebenarnya sudah memiliki sejumlah nama yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Qodari Sebut Pilgub Jateng Bakal Jadi Pertarungan Jokowi vs PDIP Jilid 2

Pengamat politik, Muhammad Qodari memandang kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) tahun 2024 bakal sama seperti ajang Pilpres 2024 jilid 2.

Survei LSI : Nama Kaesang, Ahmad Luthfi, hingga Sudaryono Masuk Bursa Pilgub Jateng 2024

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melaporkan hasil surveinya terkait dinamika politik di Jawa Tengah (Jateng) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

PKS Tuding Jokowi Cawe-Cawe di Pilkada, PDIP Masih Ungkit Kekalahan Pilpres

PDIP memberikan sinyal bahwa mereka sepakat dengan tuduhan PKS bahwa Presiden Jokowi (Joko Widodo) telah cawe-cawe di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS