Haidar Alwi Kasih Opsi ke Menkominfo dan Kepala BSSN : Mundur Atau Dimundurkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pendiri Haidar Alwi Institute, R Haidar Alwi ikut angkat bicara terkait insiden serangan ransomware Brain Chipper LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional (PDN) Sementara yang terjadi baru-baru ini. 

Atas hal itu, ia mengatakan bahwa pihak-pihak yang paling bertanggungjawab atas serangan siber yang membuat terganggunya sejumlah layanan publik terganggu itu harus mundur atau dimundurkan dari jabatannya. 

Adapun menurutnya, pihak yang paling bertanggungjawab terhadap jebolnya pusat data nasional itu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Menteri Kominfo dan Kepala BSSN harus legowo mundur dari jabatannya atau dimundurkan oleh Presiden,” kata Haidar Alwi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Menurut Haidar, mundur atau dimundurkan oleh Presiden merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas kegagalan menjalankan amanat yang diemban oleh mereka, dengan tetap melakukan evaluasi dan perbaikan untuk ke depannya.

Dia menuturkan, ketegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menindaklanjuti permasalahan ini sangat dibutuhkan, guna menjaga kepercayaan publik agar tidak anjlok lebih dalam lagi. 

“Desakan publik semakin kuat dan mereka menantikan ketegasan itu,” ungkapnya.

Haidar lantas menegaskan, serangan yang terjadi di PDN sangatlah penting untuk diperhatikan dengan betul. Sebab hal ini tidak hanya menyebabkan kerugian negara dan mengganggu pelayanan publik, tapi juga telah mengancam pertahanan dan keamanan negara.

“Ada atau tidaknya data yang bocor, peretasan terhadap PDN telah mengancam pertahanan dan keamanan negara. Segala sesuatu yang menyangkut pertahanan dan keamanan negara tidak bisa ditolerir,” pungkasnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan…

3 jam ago

Jokowi Hormati Putusan DKPP soal Hasyim Asyari, Janji Pilkada 2024 Tetap Lancar

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pihaknya sangat menghormati putusan dari DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu)…

4 jam ago

Festival Kuliner Non Halal di Paragon Solo, Sempat Diprotes dan Dihentikan

Festival Kuliner Pecinan Nusantara yang dihelat di Solo Paragon Mall sejak 3 Juli 2024 menuai…

4 jam ago

Jangan Foto Sembarangan di Makam Rasulullah

Widi Dwinanda mengingatkan kepada para jemaah haji Indonesia yang masih di tanah suci, dan melakukan…

5 jam ago

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

5 jam ago

Bukan Ahok, Puan Maharani Lebih Tertarik Duet Anies-Andika

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku sudah mulai tertarik dengan potensi duet Anies Baswedan dan…

6 jam ago