BerandaNewsRagamDitjen Imigrasi Sudah Minta Backup Data, Tapi Dicuekin Kominfo

Ditjen Imigrasi Sudah Minta Backup Data, Tapi Dicuekin Kominfo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengaku telah mengajukan backup 800 data di Pusat Data Nasional (PDN) ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). 

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim menyampaikan, bahwa permintaan backup data tersebut disampaikan pihaknya pada April 2024, atau dua bulan sebelum PDN terkena serangan Ransomware. 

“File kita itu ada 800 yang secara PDN ada backup-nya itu 200. Nah bulan April kita menyurati Kominfo, untuk meminta backup dibuatkan replika bulan April,” kata Silmy dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Namun permintaan tersebut tidak direspon oleh Kominfo, sehingga ia pun meminta jajarannya secara mandiri meng-update secara berkala lewat backup internal Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim).

Penerbit Iklan Google Adsense

“Yang jelas bulan April kita sudah minta untuk dibuatkan replika (tidak ada klausul backup data). Memang tidak dijawab. Makanya kita siapkan, di Pusdakim begitu,” ujarnya.

Silmy menjelaskan, permintaan backup data pada PDN yang dikelola Kominfo itu disampaikan pihaknya lantaran saat dilakukan pengecekan, ternyata tidak ditemukan data backup yang seharusnya disediakan PDN.

“Di situ kan kita minta ngecek-ngecek memastikan, nah kita baru tahu itu kan beberapa waktu setelah mengirim surat. Asumsi kita PDN menyediakan mirror. Seandainya punya mirror juga naruhnya di mana, karena itu kan masih PDNS gitu kan,” ujarnya.

Meski demikian, Silmy mengatakan untuk persoalan backup data telah diatasi dengan data internal yang tersimpan pada Pusdakim. Sehingga, pelayanan keimigrasian pun kini dapat berjalan 100 persen.

“Dari 800 hanya ada 190 (data dari hasil backup PDN), yang bisa dipakai 7 untuk menghidupkan kembali kurang. Makanya kita pakai itu aja Pusdakim, enggak apa-apa ada gap, tapi kan masalah waktu kita bisa isi,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Tukang Vila Puncak Susah Tidur, Pj Bupati Bogor Bakal Bongkar Vila tak Berizin

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti dalam melakukan penertiban di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Operasi Berjalan Sukses, Prabowo Ucap Terima Kasih ke Masyarakat dan Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto mengungkapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), serta seluruh...

Paspor Indonesia Bakal Punya Desain Baru, Cek Bocorannya

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Silmy Karim mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan desain baru untuk buku paspor Indonesia, termasuk juga pembaruan warna sampulnya.

Korban Banjir di Bolaang Mongondow Capai 7 Ribu Jiwa

Bencana banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara semakin meluas ke sejumlah wilayah.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS