BerandaNewsMiliterCegah Karhutla, TNI AU Bantu Operasi Modifikasi Cuaca di RIAU

Cegah Karhutla, TNI AU Bantu Operasi Modifikasi Cuaca di RIAU

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AU (Angkatan Udara) turut serta membantu Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di Provinsi Riau, yang resmi dibuka di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, pada Rabu (26/6) lalu.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Feri Yunaldi dalam sambutannya yang dibacakan Letkol Lek Ricky Mardiana mengatakan, bahwa OMC ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan mitigasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“OMC dilakukan menghadapi puncak musim kemarau dengan cara membasahi lahan gambut di wilayah Provinsi Riau,” kata Ricky Mardiana, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Namun demikian, Ricky menegaskan bahwa OMC atau yang juga dikenal sebagai hujan buatan tidak dapat diartikan secara harfiah sebagai pekerjaan membuat hujan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebab, kata dia, teknologi ini berupaya untuk meningkatkan dan mempercepat jatuhnya hujan, selain juga tidak lepas dari ketersediaan yang diberikan alam.

“Artinya, jika awannya banyak akan dapat menginkubasi lebih banyak dan otomatis akan menghasilkan hujan yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Senada, Kasubdirektorat Pengendalian Karhutla Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Anis Susanti Alfiati juga menekankan, bahwa upaya pengendalian Karhutla perlu dimitigasi.

“Perlu adanya kesiapsiagaan, kewaspadaan, dan intensitas dalam upaya pengendalian karhutla,” tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Kegiatan ini tidak hanya melibatkan TNI AU, tetapi ini juga bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM), Kementerian LHK dan Pemerintah Provinsi Riau.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

TNI AL Amankan 39 Pekerja Migran Ilegal Ilegal yang Bakal Dikirim ke Malaysia

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) bersama tim gabungan dari Kanwil DJBC Sumut, KPPBC TMP C Teluk Nibung, dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai kembali berhasil menggagalkan pengiriman 39 pekerja migran illegal.

TNI AL Bongkar Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Karimun

TNI AL melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) dalam hal ini Posal Takong Iyu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran illegal.

KSAU Berkunjung ke Paris Dalami Ilmu Mesin Pesawat Rafale

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal TNI Tonny Harjono melakukan kunjungan ke Safran Aircraft Engines, Moissy Cramayel, Paris.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Kepri

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Gabungan Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan dan Tim Satgas Gabungan TNI AL berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba.

TNI AU Apresiasi Petani di Sulsel yang Mampu Optimalkan Lahan Rawa

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji mengapresiasi para petani yang ikut berkontribusi dalam program optimalisasi lahan rawa.

Jamin Keselamatan Penerbangan, Komando Sektor III TNI AU Perkuat Koordinasi dengan LPPNPI

Komando Sektor (Kosek) III TNI Angkatan Udara (AU) telah berkomitmen untuk menjalin koordinasi dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS