BerandaNewsMiliterSatgas TNI Gagalkan Penyelundupan BBM dan Motor di Perbatasan Papua Nugini

Satgas TNI Gagalkan Penyelundupan BBM dan Motor di Perbatasan Papua Nugini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal ke wilayah Indonesia.

Wadansatgas Yonif 122/TS Kapten Inf Adi Prayogo mengungkapkan, pihaknya mengamankan beberapa jirigen bahan bakar jenis Pertalite dan 2 unit sepeda motor tanpa surat surat di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Di Distrik Muaratami, Skouw, Papua.

“Patroli keamanan yang dilaksanakan secara rutin ini berbuah hasil, setelah sebelumnya berhasil menggagalkan penyelundupan ganja,” kata Adi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Adi kemudian menjelaskan, Pos Satgas Kout yang melaksanakan jaga malam kembali menggagalkan penyelundupan 20 jerigen yang berisi 700 liter BBM jenis Pertalite yang akan diselundupkan dari Indonesia ke wilayah Papua Nugini.

Penerbit Iklan Google Adsense

Penemuan ini berawal saat anggota Personel Pos Kout melihat 2 orang mencurigakan menggunakan sepeda motor yang akan melintasi jalur ilegal di wilayah Perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

“Selanjutnya anggota jaga menghentikan pengendara tersebut dan dilakukan pemeriksaan serta pengecekan barang bawaan,” ujarnya.

Adapun hasil dari tim patroli pemeriksaan terhadap pengendara tersebut didapati 3 orang warga Negara asing asal Papua Nugini serta 20 jerigen jenis Pertalite dengan jumlah total keseluruhan 700 liter, 2 unit sepeda motor tanpa Plat nomor, 3 merk handphone, dan barang bukti lain uang sebesar 3.341 Kina yang sudah berada di Portal Perbatasan.

” Rencananya barang itu akan diselundupkan ke wilayah negara Papua Nugini,” imbuhnya.

Menurut keterangan yang didapat dari 5 orang pelaku penyelundupan BBM jenis Pertalite tersebut, terduga pelaku mendapat BBM dari salah satu masyarakat yang berasal dari Distrik Muara Tami Koya, Kota Jayapura.

Dimana selanjutnya barang itu untuk diperjual belikan di wilayah Papua Nugini dengan melewati jalur tikus wilayah Perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pendataan di Pos Kout Satgas Yonif 122/TS , para pelaku kemudian di serahkan ke pihak Imigrasi, Bea cukai dan pihak Kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjuti.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

TNI AL Bongkar Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Karimun

TNI AL melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) dalam hal ini Posal Takong Iyu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran illegal.

KSAU Berkunjung ke Paris Dalami Ilmu Mesin Pesawat Rafale

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal TNI Tonny Harjono melakukan kunjungan ke Safran Aircraft Engines, Moissy Cramayel, Paris.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Kepri

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Gabungan Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan dan Tim Satgas Gabungan TNI AL berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba.

TNI AU Apresiasi Petani di Sulsel yang Mampu Optimalkan Lahan Rawa

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji mengapresiasi para petani yang ikut berkontribusi dalam program optimalisasi lahan rawa.

Jamin Keselamatan Penerbangan, Komando Sektor III TNI AU Perkuat Koordinasi dengan LPPNPI

Komando Sektor (Kosek) III TNI Angkatan Udara (AU) telah berkomitmen untuk menjalin koordinasi dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia.

Cegah Karhutla, TNI AU Bantu Operasi Modifikasi Cuaca di RIAU

TNI AU (Angkatan Udara) turut serta membantu Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di Provinsi Riau, yang resmi dibuka di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, pada Rabu (26/6) lalu.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS