BerandaNewsRagamBertambah, 239 Instansi Terdampak Serangan Ransomware ke PDN

Bertambah, 239 Instansi Terdampak Serangan Ransomware ke PDN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperbaharui data terkait jumlah instansi pemerintah yang terdampak serangan ransomware ke Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo.

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menyampaikan, bahwa total instansi yang terkena dampak ransomware varian Lockbit 3.0 itu mencapai 239 instansi. Angka itu bertambah dari yang sebelumnya dikabarkan sebanyak 210 instansi.

“Total ada 239 Kementerian, Lembaga, dan Daerah yang terdampak (serangan Ransomware),” ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi I DPR bersama Kominfo dan BSSN, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Adapun secara rinci, instansi pemerintahan yang terganggu layanannya yakni 30 Kementerian/Lembaga itu, 15 instansi di tingkat Provinsi, tingkat kabupaten sebanyak 148 instansi, dan sisanya sebanyak 48 instansi di tingkat Kota. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Sedangkan untuk kementerian, lembaga, instansi yang tidak terdampak serangan siber tersebut, menurut Budi Arie, tercatat sebanyak 43 instansi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketum Projo itu mengatakan, sejumlah instansi sudah dapat melakukan pemulihan dari serangan ransomware.

“Instansi yang berhasil recovery layanan adalah ke Kemenko Marves: Layanan Perizinan Event, Kemenkumham: Layanan Keimigrasian, LKPP: Layanan Sikap, Kemenag: Si Halal, dan Kota Kediri ini untuk ASN digital,” ujarnya.

Menurut Budi Arie, penyerang Pusat Data Nasional yang memberikan dampak terhadap ratusan instansi tersebut meminta tebusan sebesar USD 8 juta, atau setara dengan Rp 131 miliar.

“Ini serangan virus Lockbit 3.0.2,” ujar Budi Arie.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

KAI DAOP 1 Sesuaikan Jam Keberangkatan di Dua Stasiun Besok

Senin 1 Juli 2024, KAI DAOP 1 Jakarta akan melakukan penyesuaian jam keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jatinegara. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kepadatan penumpang.

Warga Jaksel dan Jaktim Waspada, Ada Potensi Hujan Siang Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 30 Juni 2024.

Revitalisasi Rampung, Halte Simpang Ragunan dan Damai Siap Layani Penumpang Lagi

Revitalisasi Halte Simpang Ragunan dan Halte Damai rampung yang dilakukan PT Transjakarta telah rampung. Kedua halte tersebut telah kembali melayani penumpang.

Sempat Terdampak Serangan Ransomware, Kemenag Pastikan SIHALAL Berjalan Normal

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa layanan sertifikasi halal melalui aplikasi Sistem Informasi Halal atau SIHALAL berjalan normal.

Banjir Masih Setia Merendam Kabupaten Bone Bolango

Bencana banjir yang melanda dua kabupaten di Provinsi Gorontalo hingga saat ini masih bertahan di beberapa wilayah.

Ditjen Imigrasi Sudah Minta Backup Data, Tapi Dicuekin Kominfo

Ditjen Imigrasi Kemenkumham mengaku telah mengajukan backup 800 data di Puaat Data Nasional (PDN) ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS