Sepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/6), setelah sempat rebound pada perdagangan Senin (24/6) kemarin.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih menyampaikan, bahwa IHSG di pekan terakhir Semester I-2024 ini cenderung sepi sentimen dari dalam negeri.

Dia pun menyinggung perihal data ekonomi yang dirilis beberapa waktu lalu, salah satunya data perihal tingkat suku bunga Bank Indonesia atau BI-Rate, dimana data tersebut menjadi sentimen positif bagi daya beli masyarakat di sektor riil.

Namun di sisi lain, keputusan Bank Sentral Indonesia yang mempertahankan suku bunganya menjadi sentimen negatif bagi instrumen portofolio, yang memicu outflow di pasar obligasi dan saham.

“Di sisi lain, ketidakpastian dari sisi fiskal telah dikonfirmasi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahwa defisit APBN di tahun 2024 tetap dibawah 3%. Target defisit APBN yang sama juga menjadi tolok ukur bagi pemerintahan yang baru,” ujarnya dalam rilis, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (25/6).

“Sementara, postur fiskal pada RAPBN 2025 telah disepakati oleh Pemerintah dan DPR. Nantinya, RAPBN tersebut akan disahkan pada sidang paripurna DPR di awal Juli mendatang,” tambahnya.

Dari Asia, S&P Global pada di awal pekan ini memproyeksikan pertumbuhan ekonomi India di tahun fiskal 2024 sebesar 6,8 persen. Sementara, untuk tahun 2026 dan 2027 ekonomi India akan berada di level 6,9 dan 7 persen. Optimisme tersebut seiring dengan proyeksi turunnya suku bunga Reserve Bank of India (RBI) dari posisi saat ini yang sebesar 6,5 persen.

“Di sisi lain, inflasi tahunan Singapura pada Mei 2024 naik ke level 3,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen. Akselerasi inflasi senda dengan naiknya harga makanan, transportasi, serta sektor rekreasi dan budaya,” tuturnya.

Adapun pada hari ini, Ajaib Sekuritas merekomendasi sejumlah saham yang patut diperhatikan pada hari ini, diantaranya yakni MDKA, ENRG, dan ACES.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Cindra Masih Pertimbangkan Laporkan Hasyim Asyari ke Polisi

Kuasa hukum Cindra Aditi Tejakinkin, Aristo Pangaribuan mengatakan bahwa kliennya masih mempertimbangkan untuk melanjutkan kasus…

3 menit ago

Lirik dan Terjemahan Lagu Avenged Sevenfold – Wish You Were Here

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Wish You Were Here jadi salah satu lagu hits milik grup band…

18 menit ago

Lirik Lagu Kalung Emas – Didi Kempot, Berikut Terjemahannya

Lagu Kalung Emas menjadi salah satu karya mendiang Didi Kempot yang populer sepanjang masa.

33 menit ago

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada…

48 menit ago

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini,…

1 jam ago

Jadwal Perempat Final Euro 2024 Malam Ini : Spanyol vs Jerman, Portugal vs Prancis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Babak perempat final Euro 2024 siap bergulir, dua duel sengit pun akan…

1 jam ago