Kroasia vs Italia : Sengit! Gli Azzurri Selamat dari Kekalahan, Tiket 16 Besar di Tangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hasil Kroasia vs Italia di laga pamungkas Grup B Euro 2024 berakhir imbang 1-1. Gli Azzurri nyaris kalah, sebelum akhirnya mampu menyamakan kedudukan skor di injury time. Sang juara bertahan pun lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan super big match antara Kroasia vs Italia itu sendiri digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa (25/6) dini hari WIB.

Dalam pertandingannya, Kroasia langsung mengancam di awal laga, Luka Sucic melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan bisa diamankan kiper Gianluigi Donnarumma.

Setelahnya, Italia tampil mendominasi penguasaan bola, namun peluang urung terjadi. Kans emas Gli Azzurri sendiri baru lahir di menit 28 melalui sundulan Alessandro Bastoni, namun masih berujung buntu.

Kroasia merespon, di menit 31 ada peluang bermula dari umpan silang Luka Modric, beruntung Donnarumma sigap memotong kans tersebut. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Di babak kedua, Italia kemudian mendapatkan malapetaka, dimana mereka dihukum penalti tepatnya di menit 53 akibat hand ball pemainnya.

Luka Modric turun sebagai eksekutornya, namun tembakannya itu berhasil ditepis Donnarumma. Tak sampai situ, Modric akhirnya benar-benar mencetak gol semenit setelahnya.

Berawal dari umpan panjang Sucic yang disambar Ante Budimir, kemudian ditepis Donnarumma, dan Modric yang berdiri bebas mampu memanfaatkan bola rebound itu menjadi gol. Kroasia unggul 1-0.

Italia merespon dengan meningkatkan agresifitas serangannya. Peluang emas tercipta di menit 87, dimana Federico Chiesa berhasil mengirim umpan manja ke Gianluca Scamacca, namun berujung buntu.

Sampai pada akhirnya, Italia berhasil menyamakan kedudukan skor di injury time, Calafiori berakselerasi masuk melakukan penetrasi, kemudian berhasil menyodorkan bola ke Mattia Zaccagni, dan berhasil dieksekusi menjadi gol.

Dengan demikian, hasil tersebut membuat posisi Italia di peringkat kedua Grup B aman, Gli Azzurri telah mengumpulkan empat poin di bawah Spanyol yang duduk manis di posisi teratas.

Sementara itu, Kroasia sejatinya duduk di posisi tiga, namun nasib kelolosannya melalui jalur playoff peringkat tiga terbaik itu tipis. Ada pun Albania dipastikan lengser dari Euro 2024.

Achmad Husin Alifiah

Share
Published by
Achmad Husin Alifiah

Recent Posts

Lirik Lagu Kalung Emas – Didi Kempot, Berikut Terjemahannya

Lagu Kalung Emas menjadi salah satu karya mendiang Didi Kempot yang populer sepanjang masa.

12 menit ago

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada…

27 menit ago

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini,…

42 menit ago

Jadwal Perempat Final Euro 2024 Malam Ini : Spanyol vs Jerman, Portugal vs Prancis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Babak perempat final Euro 2024 siap bergulir, dua duel sengit pun akan…

57 menit ago

Jokowi Wanti-wanti Potensi Peretasan Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) tidak banyak berkomentar dengan ulah peretas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS)…

1 jam ago

Ketua KPU Hasyim Dipecat, Jokowi : Keppres Belum Masuk Meja Saya

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengungkapkan nasib surat Kepprres (Keputusan Presiden) pemberhentian Hasyim Ashari dari jabatan…

1 jam ago