HOLOPIS.COM, JEPARA – Nama Iqbal Tosin atau yang akrab disapa Iqbal Bejeu untuk maju sebagai bakal calon bupati (bacabup) di Pilgub Jepara 2024 semakin kuat. Terlebih dengan adanya dukungan dari para relawan.

Terbaru, dukungan datang dari sejumlah relawan yang berasal dari 16 kecamatan di Kabupaten Jepara. Mereka beramai-ramai menyambangi rumah Iqbal pada Senin (24/6) kemarin malam, untuk memberikan dukungan.

Pendamping Hukum relawan Iqbal Bejeu, Bagas Pamenang Nugroho menyatakan, bahwa kedatangan para relawan tersebut murni inisiatif dari mereka sendiri.

“Semalam di rumahnya Pak Iqbal ada banyak yang datang. Dari ujung Kecamatan Nalumsari hingga Kecamatan Donorojo. Ada tiga orang dari masing-masing kecamatan. Bahkan ada yang dari Pulau Parang (Karimunjawa) yang berangkat sendiri dengan biaya sendiri,” kata Bagas, seperti dikutip Holopis.com Jateng, Selasa (25/6).

Kehadiran mereka, jelas Bagas, didasari atas ketertarikannya terhadap Iqbal Bejeu. Terutama pemikiran-pemikirannya tentang arah masa depan Bumi Kartini di beberapa diskusi publik yang disiarkan di sejumlah platform media sosial.

“Mereka meminta untuk dipertemukan dengan Pak Iqbal. Jadi kami pastikan tidak ada undangan. Mereka sendiri yang meminta dibuatkan jadwal untuk berdiskusi dengan Pak Iqbal,” ujar Bagas.

Saat bertemu dengan Iqbal, mereka menceritakan kekecewaannya kepada calon-calon bupati yang dulu sempat membuat janji-janji muluk, seperti janji tentang pemberian tunjangan hari raya (THR) kepada guru swasta, yang ternyata hanya harapan kosong.

Selain itu, mayoritas yang hadir juga mengeluhkan tentang kondisi jalan di Kota Ukir yang sudah bertahun-tahun rusak. Setelah puas dengan jawaban Iqbal, mereka mantab untuk menjadi relawan bos PO Bejeu tersebut di Pilgub November mendatang.

“Mereka menyatakan sepakat dan meminta Pak Iqbal untuk maju (sebagai cabup). Bahkan dengan kesadaran sendiri, menyatakan siap menjadi relawan per kecamatan,” jelas Bagas.

Mendapati spirit dari para relawan itu, imbuh Bagas, pihaknya langsung meresponnya dengan segera membuat relawan yang lebih terstruktur. Bahkan dalam tiga hari ke depan, relawan akan segera terbentuk di seluruh desa se Kabupaten Jepara.

Sementara ini, Bagas menyebut sudah ada tiga gerbong besar relawan yang berafiliasi kepada Iqbal Bejeu. Yakni Relawan Mas Iqbal, Relawan Iqbal Tosin Bejeu dan Gapura Solidaritas Jepara.

“Tiga kelompok relawan yang sudah terbentuk itu betul-betul bentukan dari masyarakat. Benar-benar tidak ada interuksi dari Pak Iqbal atau Pak Iqbal memiliki tim sukses itu tidak ada. Jadi murni dari gerakan masyarakat dari akar rumput,” kata Bagas.

Terpisah, Iqbal Bejeu mengaku sangat terharu dengan datangnya gerakan arus bawah yang begitu kuat untuk mendukungnya maju sebagai bupati Jepara 2024-2029. Bahkan, dia mengaku tak tahu menahu jika sudah terbentuk kelompok-kelompok relawan di kampung-kampung.

“Akhir-akhir ini, banyak sekali yang telepon saya, bilang kalau sudah ada relawan di kampung-kampung untuk mendukung saya. Padahal belum pernah ada komunikasi dengan mereka perihal pencalonan saya. Saya sangat terharu melihat antusiasme dan semangat mereka,” ungkap Iqbal Bejeu.

Dalam pertemuan semalam, Iqbal hanya menggariskan dua jawaban besar dari berbagai persoalan yang datang. Pertama, kunci terealisasinya berbagai janji itu adalah bupati yang terpilih tidak tersandera dengan kepentingan politik yang melingkarinya.

Ke dua, lanjut Iqbal Bejeu, komitmen dan konsistensi komunikasi, terutama terkait pembangunan, dengan berbagai lini. Baik komunikasi ke tingkat atas atau pemerintah pusat, maupun komunikasi terhadap masyarakat di akar rumput.

“Saya berkali-kali sampaikan kepada mereka, sejak awal tidak begitu berkeinginan maju. Tapi karena dorongan semakin kuat, akhirnya saya tidak bisa menolak. Untuk itu, kepada relawan dan masyarakat yang mendukung saya, jika benar-benar ingin mendorong saya, maka saya ajak untuk bergandengan tangan erat mewujudkan cita-cita memajukan Jepara bersama,” pungkas Iqbal Bejeu.