Sabtu, 29 Juni 2024
BerandaOtoteknoTeknoTelkom Sebut Pelaku Peretas PDN Kominfo Minta Tebusan USD8 Juta

Telkom Sebut Pelaku Peretas PDN Kominfo Minta Tebusan USD8 Juta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Network & IT Solution Telkom Group Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa pelaku peretas data Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memang meminta imbalan agar data yang mereka enkripsi bisa kembali dibuka.

Herlan menyebut bahwa nominal tebusan yang diminta oleh pelaku peretasan adalah senilai Rp131 Miliar dalam bentuk mata uang USD (dolar Amerika).

“Mereka minta tebusan USD8 juta,” kata Herlan dalam kegiatan konferensi persnya bersama BSSN dan Kominfo terkait update penanganan kasus kerusakan layanan Pusat Data Nasional Sementara pada hari Senin (24/6) seperti dikutip Holopis.com.

Sampai saat ini, Telkomsiga sebagai pengelola PDNS bekerja sama dengan Kementerian dan otoritas di dalam dan luar negeri untuk melakukan penyelidikan atas kasus serangan siber ini.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebelumnya, Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan bahwa pihaknya telah bergerak cepat melakukan upaya penanganan pusat data nasional sementara yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Surabaya.

“Tanggal 20 itu sendiri, tim siaga BSSN yang ada di Ragunan langsung kita berangkatkan ke Surabaya untuk membantu teman-teman dari Keminfo maupun dari Telkom Sigma, di mana mereka mengelola pusat data sementara,” kata Hinsa.

Ia menjelaskan bahwa insiden gangguan layanan Pusat Data Nasional sementara Kominfo ini adalah malware ransomware yang merupakan hasil pengembangan dari sistem malware ransomware Lockbit 3.0.

“Insiden pusat data sementara ini adalah serangan siber dalam bentuk ransomware dengan nama brainchipher ransomware,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News

No editors found.

BERITA LAINNYA

Siap-Siap Update Terbaru Mobile Legend, Kemunculan Lord di 3 Lane!

MOONTON Games yang memproduksi game Mobile Legend Bang Bang (MLBB), nantinya akan melakukan update terbaru pada game tersebut. Di mana akan memunculkan Lord di 3 Lane berbeda, setelah tim kalian berhasil mengeliminasi Lord.

Item Baru Ini Gak Ngotak di Season Saat Ini! Simak Penjelasannya

Berbagai item yang ada di Mobile Legends sendiri memiliki beragam fungsi, mulai dari item untuk Tank, Fighter, Support, Mage, Marksman, dan Assassin. Setiap fungsi item-item ini mempunyai tujuan dan fungsinya masing-masing, misal untuk meng-counter hero lawan ataupun untuk bertahan.

Emblem Baru Temporal Reign Cocok Untuk Hero Yang Spam Skill, Ultimate No Cooldown!

Mobile Legends Bang Bang (MLBB), yang merupakan permainan multiplayer online battle arena yang dikembangkan dan diterbitkan oleh MOONTON Games. Dalam game ini terdapat banyak sekali hero-hero yang diciptakan untuk bermain.

Syam Basrijal Sebut Faktor Bobolnya Sistem Pemerintah Karena Kurang Pemeliharaan

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa kelemahan utama teknologi di pemerintahan dewasa ini adalah kurangnya pemeliharaan dan peremajaan sistem digital.

Gawat! Telkom Bilang Data di PDN yang Kena Ransomware Tak Bisa Dipulihkan

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko menyampaikan, bahwa data di pusat data nasional (PDN) yang telah terkena serangan ransomware tidak bisa di-recovery atau dipulihkan kembali.

Mardiansyah Harap Pemerintah Tingkatkan SDM dan Infrastruktur IT Pasca Serangan Ransomware

Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara, Mardiansyah memberikan pandangannya pasca terjadi serangan brain cipher ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS