Jumat, 28 Juni 2024
BerandaNewsRagamBanjir di Parigi Moutong, Tiga Orang Jadi Korban Jiwa

Banjir di Parigi Moutong, Tiga Orang Jadi Korban Jiwa

HOLOPIS.COM, SULTENG – Bencana banjir untuk kesekian kalinya kembali melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah setelah beberapa waktu lalu juga sempat terjadi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, banjir kali ini menimpa Desa Sienjo dan Desa Sibalago di Kecamatan Toribulu.

“Sebanyak tiga orang warga Desa Sibalago dilaporkan menjadi korban jiwa terdiri dari satu orang meninggal dunia dan dua lainnya hilang. Sementara itu, total sementara 120 Kepala Keluarga terdampak,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (23/6).

Abdul menjelaskan bahwa kejadian banjir kali ini dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu Sungai Toribulu hingga menyebabkan sungai meluap. Selain itu, Desa Sibalago yang terletak di wilayah hulu terimbas luapan air sungai cukup parah.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Air sungai bercampur lumpur menerjang pemukiman warga dan merusak satu unit jembatan penghubung desa. Hal ini menyebabkan warga Desa Sibalago terisolir,” ujarnya.

Abdul mengatakan bahwa dari data yang diterimanya, terdapat beberapa warga Desa Sibalago yang terpaksa mengungsi di Balai Desa setempat. Beberapa rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan berat akibat terjangan banjir.

Kondisi hujan pada hari ini pun menurut Abdul sudah mulai reda dan ketinggian air sudah mulai surut. Tim gabungan melaksanakan penanganan darurat berupa evakuasi warga yang terdampak serta operasi pencarian dan pertolongan pada korban yang dilaporkan hilang. Tim gabungan harus menyebrang aliran sungai demi mencapai Desa Sibalago.

Sementara itu, tim gabungan juga tengah berupaya mencapai Desa Sienjo. Beberapa dusun di Desa Sienjo juga terisolir akibat akses jalan desa terdampak banjir dan tidak bisa dilewati kendaraan. Desa Sienjo merupakan wilayah dataran rendah di tepi laut yang pada kejadian banjir kali ini menjadi titik pertemuan genangan banjir dengan air laut pasang.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

RESEP : French Toast Rumahan, Cocok untuk Brunch Mudah dan Nikmat

Siapa sih yang tidak ingin sarapan atau brunch yang nikmat dan mengenyangkan? Roti biasanya sering dijadikan menu sarapan karena mudah diolah.

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali KM 183, Sejumlah Mobil Ringsek

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terjadi kecelakaan beruntun di Tol Cipali, tepatnya di Km 183. Sejumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan pun mengalami kerusakan, bahkan ringsek. Menurut informasi...

Ada Promo Handphone Baru di Jakarta Fair, Hall D2 Langsung Diserbu

Produk elektronik di Jakarta Fair 2024 jadi salah satu yang paling diburu oleh pengunjung, khususnya mereka yang ingin membeli HP (handphone).

Lokasi SIM Keliling Jumat 28 Juni di Jakarta Ada di 5 Titik

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 28 Juni 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Sedia Payung Sebelum Hujan di Jakarta pada Siang Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Jumat 28 Juni 2024.

DPR Tanya Kominfo soal Tebusan USD 8 Juta, Pelaku dari Internal?

Komisi I DPR RI melontarkan beragam pertanyaan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi terkait serangan Ransomware ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Kominfo.

HOLOPIS FEEDS