BerandaNewsEkobizHarap Tenang, Bos BI Yakin Tren Rupiah Bakal Menguat

Harap Tenang, Bos BI Yakin Tren Rupiah Bakal Menguat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini tren nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan berbalik arah menjadi menguat, didukung oleh fundamental ekonomi Indonesia yang relatif baik.

“Rupiah secara fundamental itu trennya, jangan ditanya hari per hari lho, ini trennya akan menguat. Inflasi kita rendah, growth bagus, kreditnya bagus,” kata Perry dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (20/6).

Dia memprakirakan, sejumlah faktor fundamental seperti tingkat inflasi yang sebesar 2,8 persen, serta pertumbuhan ekonomi yang terjaga di atas 5 persen akan berdampak positif terhadap nilai tukar rupiah. 

Namun Perry mengingatkan, terdapat sentimen jangka pendek yang bisa menyebabkan rupiah melemah, diantaranya kondisi geopolitik global dan tren suku bunga tinggi The Fed. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Tak hanya itu, sentimen yang perlu diwaspadai juga datang dari dalam negeri dengan adanya kenaikan permintaan pembiayaan dari korporasi untuk repatriasi deviden dan pembayaran utang.

“(Meskipun) fundamentalnya ke depan rupiah akan menguat, tetapi gerakan dari bulan ke bulan akan tergantung pada sentimen-sentimen ini,” ujar Perry.

Sebagai informasi, nilai tukar atau kurs rupiah sejak Desember 2023 hingga pertengahan Juni ini tercatat melemah 5,92 persen terhadap dolar AS.

Namun menurut Perry, pelemahan nilai tukar rupiah masih cukup rendah jika dibandingkan dengan nilai tukar mata uang lainnya, seperti won Korea yang melemah 6,78 persen. 

Kemudian baht Thailand melemah 6,92 persen, peso Meksiko melemah 7,89 persen, real Brazil melemah 10,63 persen, dan bahkan yen Jepang melemah 10,78 persen.

“Jadi pelemahan rupiah itu relatif masih lebih baik. Dan kami yakin ke depan akan menguat, fundamentalnya akan mengarah ke sana,” tandas Perry.

Pun pada hari ini, kurs rupiah Jisdor melemah 0,32 persen ke Rp 16.420 per dolar AS dari posisi kemarin yang berada di level Rp 16.368 per dolar AS.

Di pasar spot, kurs mata uang Garuda itu berada di level Rp 16.430 per dolar AS. Sedangkan kurs rupiah spot melemah 0,40 persen dari posisi penutupan perdagangan kemarin yang berada di level Rp 16.365 per dolar AS.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS