BerandaNewsRagamDua Hari Puncak Lamen Savana Gunung Bromo Terbakar, Jalur Wisata Aman?

Dua Hari Puncak Lamen Savana Gunung Bromo Terbakar, Jalur Wisata Aman?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Savana Puncak Lamen di kawasan Bromo dilanda kebakaran sejak tanggal 19 Juni lalu. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Thomas Nifinluri mengatakan kawasan ini masuk dalam resor PTN wilayah Gunung Penanjakan, Pasuruan.

“Kebakaran terjadi di Desa Mororejo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan,” jelas Thomas seperti dikutip oleh Holopis.com, Jumat (21/6).

Melalui keterangannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengatakan bahwa kebakaran tersebut sedang dalam proses penyelidikan dan menduga kemungkinan besar disebabkan karena ulah manusia.

“Diduga kuat penyebab terjadinya kebakaran adalah ulah manusia dan dalam proses penyelidikan,” lanjutnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kawasan yang terbakar memang tidak masuk dalam kawasan yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga kawasan wisata Bromo Tengger Semeru masih tetap dibuka untuk pengunjung.

Menurut pantauan tim Holopis.com di lokasi, saat malam terlihat api merah menyala membentuk jalur di sepanjang kawasan yang terbakar tersebut, dan asap masih membumbung tinggi di sekitarnya.

Wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Bromo Tengger Semeru tidak merasakan gangguan apapun, karena dari lokasi wisata tidak terlihat asap dan api akibat dari kebakaran di puncak Lamen. Kebakaran hanya bisa terlihat jauh dari jalur mobil Jeep yang biasa dilalui wisatawan.

Sekedar untuk diketahui, kawasan wisata Bromo sendiri sudah mulai ditutup pada tanggal 21 hingga 24 Juni ini untuk pemeliharaan. Pelaku UMKM di sekitar kawasan wisata tersebut mengatakan ini adalah ritual tahunan dimana semua pelaku wisata di sekitar Bromo Tengger Semeru akan beramai-ramai melakukan pemeliharaan di kawasan tersebut.

“Tiap tahun sih, pasti. Pelaku wisata wajib melakukan pemeliharaan, dan selalu di bulan yang sama (Bulan Juni),” ujar Febby pemilik warung di jalur penanjakan Bukit Cinta, Bromo kepada Holopis.com, (21/6).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Banjir Rendam Pemukiman Warga Di Kabupaten Sidenreng Rappang

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Stasiun MRT Glodok – Kota Telah Terhubung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Proyek pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta semakin dikebut. Teranyar Stasiun Glodok dan Kota kini telah terhubung.  Corporate Secretary Division Head PT...

Edward Hutahaean Divonis 5 Tahun Bui dan Bayar Uang Pengganti 1 Juta  Dolar AS

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 120 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap terdakwa Naek Parulian Washington Hutahaean alias Edward Hutahaean. 

Pejabat Kominfo Undur Diri Usai PDNS Kena Serangan Ransomware

Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, bahwa dirinya sudah mengundurkan diri dari jabatannya tersebut.

Dipecat Gegara Kasus Asusila, Ternyata Istri Hasyim Asyari Bukan Orang Sembarangan

Hasyim Asyari resmi dijatuhi vonis pemecatan sebagai ketua KPU RI oleh DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) atas pelanggaran berat kode etik karena kasus asusila.

Cek Lokasi SIM Keliling Hari Kamis 4 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Kamis 4 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS