BerandaPolhukamPilkadaPKB, Gerindra dan Demokrat Kompak Koalisi di Pilkada Kabupaten Bekasi

PKB, Gerindra dan Demokrat Kompak Koalisi di Pilkada Kabupaten Bekasi

"Belum mengerucut ke satu orang. Nama-nama tersebut diusulkan ke dalam koalisi ini," sambungnya.

HOLOPIS.COM, JAWA BARAT – Tiga partai politik besar di Indonesia sudah menyatakan kekompakan mereka untuk berkoalisi dalam Pilkada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ketiganya adalah ; PKB, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat.

Deklarasi tersebut berlangsung di Hotel Holiday Inn Cikarang Selatan pada Rabu 19 Juni 2024 kemarin. Hadir juga para petinggi ketiga partai tersebut untuk melakukan penandatanganan kontrak politik bersama.

Informasi yang diterima kontributor Holopis.com Bekasi, bahwa lima nama bakal calon bupati telah diusulkan oleh DPC Gerindra Kabupaten Bekasi ke tingkat provinsi dan pusat. Satu dari lima nama tersebut berasal dari eksternal dan diduga kuat adalah Dani Ramdan yang notabane adalah Pj Bupati Bekasi.

“Rekomendasi belum ada, tapi kalau dibidik, iya. Kita (DPC PKB) memiliki kurang lebih sembilan nama yang digodok, salah satunya Pak Dani yang memang berada di nomor urut satu,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Bekasi, Muhamad Rochadi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hanya saja ia menyatakan bahwa nama Dani masih belum final. Sebab ketiga partai politik tersebut masih melakukan pendalaman dan pematangan untuk memastikan siapa sosok yang bakal diusung mereka dalam bursa Pilkada Kabupaten Bekasi 2024.

“Belum mengerucut ke satu orang. Nama-nama tersebut diusulkan ke dalam koalisi ini,” sambungnya.

Adi, sapaan akrab Muhamad Rochadi membantah isu bahwa koalisi yang terbentuk akan digunakan sebagai kendaraan politik bagi Dani Ramdan untuk maju di Pilkada mendatang.

“Kalau tertuju ke satu orang menurut saya itu tidak bagus, karena Pak Dani hari ini masih menjabat sebagai Pj Bupati masih menjadi PNS, dan belum tentu juga dia mau,” terangnya.

“Kalau calon belum ada (di koalisi), nanti dalam waktu dekat, kira-kira akhir bulan Juli, kita akan mendeklarasikan pasangan calon bersama,” sambungnya.

Diketahui Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha menegaskan bahwa koalisi yang terbentuk saat ini sedang merumuskan siapa yang akan diusung pada Pilkada nanti.

Aria mengatakan bahwa pihaknya sudah mencatat nama-nama kandidat untuk disampaikan ke partai koalisi, begitu juga dengan Partai Demokrat dan PKB. Menurutnya, usulan nama dari masing-masing partai akan digodok bersama untuk dikerucutkan mengingat ada kriteria tertentu.

“Kita harus memantapkan calon bupati dan wakil bupati, karena yang kita usung harus menang dalam pertarungan nanti. Pada bulan Juli, kita harus sudah tahu siapa calon bupati dan wakil bupati hasil keputusan kita. Gambarannya sudah tahu mengerucutnya ke siapa. Tapi sabar, nanti menunggu waktunya, ini belum tepat. Makanya kita jalani tahapannya dulu. Yang benar itu partai koalisinya dulu. Dalam waktu dekat, semakin mengerucut akan kita umumkan juga ke publik,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bekasi, Romli HM, menambahkan bahwa perihal siapa yang akan diusung, setiap partai memiliki mekanisme sendiri dan proses yang harus dilalui.

Romli menjelaskan bahwa ada beberapa nama yang mencuat untuk diusulkan ke dalam koalisi. Namun sebelum diusulkan, partainya akan melakukan survei terlebih dahulu untuk melihat siapa yang tertinggi di internalnya baik dari segi elektabilitas, popularitas hingga isi tas dari si calon.

“Kita sepakat, nanti ada beberapa nama yang kita godok, mungkin prosesnya sama dengan pengajuan untuk mendapat rekomendasi. Dasarnya survei karena tidak mungkin seseorang yang tidak populer dan elektabilitasnya rendah meskipun punya finansial tinggi akan diusung. Ketika nanti sudah sepakat mengusung calon bupati kita akan memberi wewenang khusus kepada bupati untuk menunjuk calon wakil bupatinya, meskipun melalui kita juga,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PDIP Masih Galau Tentukan Calon di Pilkada Jateng

PDIP hingga saat ini belum menentukan siapa sosok yang akan mereka usung untuk di Pilkada Jawa Tengah pada tahun 2024 ini.

PKS Suruh Anies Galang PDIP Untuk Maju di Pilkada Jakarta

PKS mengungkapkan bahwa mereka kemungkinan akan mulai merapat ke partai politik lain untuk menawarkan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta.

PKB Ragu Usung Anies Baswedan : Jakarta Butuh Pemimpin Plural

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mengaku masih bimbang untuk mengusung nama Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024.

PKS Tuding Jokowi Tawarkan Kaesang ke Parpol, Stafsus : Tidak Benar Itu!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menampik tuduhan Sekjen PKS yang menyebut dirinya berperan menawarkan Kaesang Pangarep ke partai politik untuk Pilkada Jakarta.

Ahmad Syaikhu Pede PKS Anies Baswedan Setia

Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Ahmad Syaikhu mengaku menaruh harapan besar kepada Anies Baswedan.

PKS Jumawa Dijauhi Usai Usung Anies-Sohibul

PKS tidak ambil pusing dengan ancaman PKB pasca pihaknya mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk maju di Pilkada Jakarta.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS