BerandaNewsEkobizPhintraco : IHSG Tertekan Nilai Tukar Rupiah

Phintraco : IHSG Tertekan Nilai Tukar Rupiah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah yang dalam beberapa waktu terakhir semakin tertekan, seiring dengan penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

Menurut Phintraco Sekuritas, nilai tukar mata uang Garuda ini masih menjadi pemberat bagi IHSG untuk bisa keluar dari zona tekanan jual yang telah berlangsung sejak pekan kemarin.

“Kondisi nilai tukar Rupiah masih menjadi pemberat IHSG untuk keluar tekanan jual. IHSG masih berpeluang uji 6.700 dengan critical support level berikutnya di 6.650,” tulis Phintraco dalam risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (20/6).

Phintraco menambahkan, sejumlah sentimen positif yang terjadi pada beberapa waktu terakhir ini nampaknya belum mampu memicu pembalikan arah indeks saham Indonesia tersebut. Salah staunya yakni peluang pemangkasan suku bunga acuan the Fed di September 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, ada pula sentimen positif dari dalam negeri, yakni data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait kinerja perdagangan Indonesia. Dimana BPS mencatat adanya kenaikan nilai ekspor Indonesia sebesar 2.86 persen secara tahunan pada periode Mei 2024.

Namun sejumlah sentimen tersebut masih belum mampu mengerek IHSG lantaran masih adanya isu domestik, terutama terkait dengan nilai tukar Rupiah yang menekan IHSG.

“Pertama adalah adanya kekhawatiran mengenai kenaikan defisit anggaran pada APBN 2024 seiring dengan pelemahan nilai tukar Rupiah saat ini dan sejumlah program prioritas di 2024.

Kemudian kedua adalah wacana kenaikan harga minyak goreng kemasan sederhana dari pemerintah, yakni MinyaKita. Kenaikan ini sebagai salah satu dampak dari pelemahan nilai tukar Rupiah.

Kedua hal tersebut menurut Phintraco berpotensi memicu kenaikan inflasi yang bisa berdampak pada pelemahan laju pertumbuhan ekonomi di 2H-2024.

Melihat berbagai sentimen tersebut, Phintraco pun merekomendasikan sejumlah saham untuk diperhatikan pada perdagangan hari ini, diantaranya TLKM, INCO, ELSA, INTP dan ACES.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS