Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap harinya. Ternyata, keju bermanfaat loh untuk kesehatan tubuh, begini ulasan selengkapnya.

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa keju merupakan salah satu produk dari olahan susu. Keju bisa dijadikan camilan atau diolah jadi berbagai jenis makanan, bahkan keju di dunia modern saat ini tak sedikit jadi penyedap rasa suatu masakan.

Keju dikenal bergizi namun dikenal juga memiliki kandungan lemak dan garam. Tetapi bisa dikonsumsi dengan sewajarnya, keju bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter, keju memiliki kandungan mulai dari kalsium, zinc, fosfor, vitamin A, dan vitamin D. Selain itu, keju juga mengandung beragam antioksidan, seperti riboflavin, beta-karoten, dan glutathione.

Berikut ini 5 manfaat keju untuk kesehatan tubuh :

  1. Bisa Mencegah Osteoporosis

Keju yang memiliki kandungan kalsiumk di dalamnya serta memiliki protein tinggi, diyakini bisa memelihara kekuatan dan kesehatan tulang.

Selain itu, kandungan lainnya, seperti zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mencukupi asupan nutrisi tersebut, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah tulang, termasuk osteoporosis.

  1. Bisa Cegah Gigi Berlubang

Kalsium dan kandungan lain yang terdapat pada keju juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Mungkin salah satu poin ini terdengar asing bagi sobat Holopis sekalian, namun perlu diketahui bahwa keju juga diyakini bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalsiumnya yang tinggi. Agar manfaat keju ini bisa diperoleh dengan maksimal, pilihlah keju yang rendah lemak dan garam, seperti keju ricotta dan keju cottage.

  1. Bisa Cegah Serangan Jantung

Keju juga ternyata diyakini bisa mencegah terjadinya serangan jantung, namun begitu manfaat keju untuk poin ini masih perlu penelitian lebih mendalam.

  1. Meredakan Peradangan

Produk olahan susu, termasuk keju, dianggap sebagai jenis makanan yang dapat memicu peradangan di dalam tubuh. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat keju bisa diambil dari kandungan asam linoleat, sejenis asam lemak yang diketahui mampu meredakan peradangan. Bahkan, asam lemak ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Achmad Husin Alifiah

Share
Published by
Achmad Husin Alifiah
Tags: Tips

Recent Posts

Nama Nagita Slavina Asing di Partai Golkar

Partai Golkar menanggapi usulan dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk mengajukan nama Nagita Slavina mendampingi…

4 menit ago

Grand Syekh Al Azhar Bakal Isi Kuliah Umum di UIN Jakarta Besok

Grand Syekh Universitas Al-Azhar as-Syarif, Kairo, Mesir, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb diagendakan…

54 menit ago

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru…

1 jam ago

Dwi Rio Sambodo Minta Tinjau Ulang Penonaktifan NIK di Jakarta

DPRD DKI Jakarta meminta kaji ulang terhadap teknis penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab, pihak…

1 jam ago

Pengamat Imbau Penambahan Angkutan Umum Libatkan Bappenas dan Kemendagri

Djoko Setijowarno meminta kepada pemerintah dalam melakukan pembenahan angkutan umum tidak berhenti sampai tingkat Kementerian…

2 jam ago

Bamsoet Anggap Tempo Tak Profesional Angkat Berita S2-nya

Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta semua jurnalis melakukan kegiatan profesinya secara profesional dan patuh pada kode…

2 jam ago