BerandaHistoryKalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia.

Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan misteri, fantasi hingga imajinasi. Tak sedikit bahwa parfum jadi salah satu senjata untuk memikat hati lawan jenis.

Lantas, seperti apa sih sejarah parfum itu sendiri? Berikut selengkapnya.

Sejarah Parfum

Penerbit Iklan Google Adsense

Parfum berasal dari bahasa latin yakni ‘per’, berarti through atau bahasa indonesianya menyeluruh, kemudian ada ‘fumus’ yang berarti asap atau smoke.

Kemudian nama parfum itu sendiri datang dari orang Prancis dan tercetuslah ‘parfume’. Wewangian ini mulanya dihasilkan dari pembakaran dupa, bahkan bentuknya pada pertama kali dibuat oleh Mesapotamia sekitar 4000 tahun yang lalu menyerupai dupa.

Ada pun parfum bermula dari budaya kuno dalam keagamaan Mesopotamia, lalu dupa kemudian masuk ke Mesid sekitar 3000 SM.

Namun begitu, sampai awal zaman Keemasan Mesir, parfum dipakai untuk ritual keagamaan semata.

Kemudian lahirlah parfum cair pertama yang diciptakan oleh orang Yunani, dengan turut menyertakan tekonologi penyulingan yang dilakukan orang-orang Bangsa Arab kala itu.

Parfum pun semakin dikenal selama abad ke-17, dimana parfum sudah difungsikan menjadi wewangian untuk menutupi bau badan di Prancis.

Kemudian menjalar ke Inggris, dimana parfum digunakan sebagai juga pengharum ruangan kerajaan yang kala itu dipimpin Henry VIII dan Ratu Elizabeth I.

Itu lah asal muasal hadirnya parfum di dunia. Kini, parfum sudah sangat modern, terlebih untuk parfum yang digunakan sebagai wawangian badan.

Tak hanya wangi yang bervariasi, namun juga berbagai bentuk, warna dan merk parfum kini sudah menjalar menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.

HUT Kota Jakarta ke-497 : Ini Tema hingga Rangkaian Acaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya dan kali ini merupakan HUT ke-497. Seperti dikutip Holopis.com...

Hari Yoga Internasional Sadarkan Masyarakat Lakukan Aktivitas Sehat

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni, sebagai ajakan untuk untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang banyak manfaat berlatih yoga.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS