JIVA Animation Sebut Target Produksi Animasi di Jepang Edan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Studio kreator animasi JIVA Animation membongkar rahasia di balik pembuatan anime di Jepang maupun di Indonesia.

Aswin Nur Cahya, yang merupakan CEO dari Studio JIVA Animation, mengungkapkan bahwa pengerjaan anime sendiri itu rerata over-deadline dan kejar tayang.

“Jadinya pengerjaan sendiri tuh, enggak tipenya 2 tahun selesai tinggal ditayangin, itu enggak, jadinya itu kita kejar tayang,” ungkap Aswin dalam keterangannya di Indonesia Anime Con 2024, Minggu (16/6), dikutip langsung Holopis.com.

“Besoknya tayang, malamnya kita kerjain, pasti dikerjain,” tambahnya.

Sebelumnya, Aswin membongkar rahasia pembuatan anime itu pada umumnya sangat lama prosesnya. Dia juga mengatakan bahwa orang bekerja di dalamnya sudah mengetahui sebenarnya judul dari anime yang akan dirilis. Namun, sekitar dua hingga tiga tahun baru akan bisa dirilis. 

Dirinya mengatakan bahwa banyak hal tersebut juga tergantung dari tingkat kesulitan anime itu sendiri, dan banyak hal lainnya, sehingga proses tersebut menjadi lama. Untuk estimasi durasinya, ia menyebut prosesnya bisa sampai 3 tahun.

“Umumnya, paling sering 2 sampai 3 tahun, jadi itu biasanya dari kita sendiri, yang ngerjain itu, orang dalem udah dikasih tahu judulnya, tapi masih rilisnya bertahun-tahun kemudian, jadi ini kita sendiri nungguin, ini juga ngerjainnya sangat lama prosesnya,” terangnya.

“Jadi ya umumnya 2 sampai 3 tahun, tergantung tingkat kesulitannya, kadang juga ada beberapa anime yang mundur pengerjaannya, itu juga faktornya karena itu, lama dan sebagainya,” sambung Aswin.

Lebih lanjut, Aswin juga menjelaskan bahwa para pekerja atau yang bekerja dalam pembuatan anime itu sudah mengetahui berapa lamanya anime itu akan di-running, dan kapan dirilisnya.

Dirinya juga mengatakan kembali bahwa kalau pengerjaan anime berseri-seri pada umumnya memang memakan waktu yang cukup lama.

“Ya jadi running berapa season, terus juga rilisnya kapan, itu sudah ke-spoiler duluan kalau yang terlibat dalam pembuatan anime,” jelasnya.

“Ya lama, umumnya series tuh kayak gitu,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, CEO JIVA Animation juga membeberkan bahwa untuk anime jaman sekarang, studio-studio pembuatan anime itu biasanya sudah menyediakan stock anime yang bermusim-musim,  memang produksinya saja yang lama.

“Untuk sekarang ya, anime zaman sekarang, lebih sering langsung tuh, sebenernya tuh dia sudah siapin berseason-season, jadinya dia itu emang produksinya aja lama, itu dari dulu udah mastiin kalau ini akan 2 season atau 3 season,” bebernya.

Page: 1 2

Danu Rahmat Saifudin

Share
Published by
Danu Rahmat Saifudin

Recent Posts

Niat Hati Kampanye Anti Korupsi, Kementan Malah Dirujak Netizen

Kementerian Pertanian mengunggah sebuah flyer yang mengangkat tema anti korupsi, namun menggunakan konsep film yang…

2 jam ago

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki…

6 jam ago

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

7 jam ago

PSI Tawarkan Koalisi di Pilkada Jakarta, PKS : Paketnya Sesuai Arahan Presiden!

PKS mengaku terbuka dengan tawaran PSI untuk berkoalisi di Pilkada Jakarta 2024.

7 jam ago

Mahfud MD Sarankan Semua Komisioner KPU Mundur

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyarankan agar semua komisioner KPU RI saat ini agar mengundurkan…

8 jam ago

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

10 jam ago