Rabu, 26 Juni 2024
BerandaNewsRagamTak Kalah Enak, Ini 4 Masakan Khas Idul Adha dari Berbagai Negara...

Tak Kalah Enak, Ini 4 Masakan Khas Idul Adha dari Berbagai Negara Muslim

Berikut adalah empat masakan khas Idul Adha dari beberapa negara Muslim, termasuk di Indonesia.

HOLOPIS.COM, JAKARTAIdul Adha atau Hari Raya Haji adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang dirayakan dengan menyembelih hewan kurban dan membagikan daging kepada yang membutuhkan.

Tak hanya di Indonesia dengan berbagai olahan daging sapi atau kambing yang penuh rempah dan mengunggah selera, negara-negara muslim lainnya juga memiliki berbagai menu khas yang nikmat saat merayakan Idul Adha.

Di berbagai negara Muslim, tradisi ini juga ditandai dengan persiapan dan penyajian masakan khas yang sangat beragam. Berikut adalah empat masakan khas Idul Adha dari beberapa negara Muslim, termasuk di Indonesia.

  1. Indonesia: Sate Kambing
Sate kambing
Sepiring sate kambing kecap. [Foto: Ist]

Di Indonesia, sate kambing adalah salah satu hidangan yang sangat populer selama Idul Adha. Potongan daging kambing yang dipotong kecil-kecil dimarinasi dengan bumbu rempah khas, seperti bawang putih, ketumbar, jahe, dan kunyit, lalu ditusuk dengan bambu atau sumpit, dan dipanggang di atas bara api. Sate kambing disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis dan sering kali disandingkan dengan lontong atau nasi putih.

Penerbit Iklan Google Adsense
  1. Mesir: Kofta Iskandarani
Kofta Iskandarani
Kofta Iskandarani. [Foto: Ist]

Kofta Iskandarani adalah hidangan klasik yang disajikan di Mesir selama Idul Adha. Ini adalah olahan daging cincang yang dibentuk seperti bola kecil atau silinder, kemudian dipanggang atau digoreng. Kofta ini biasanya disajikan dengan saus tomat kaya rempah atau saus yoghurt. Hidangan ini dapat disantap sebagai hidangan utama bersama dengan nasi atau roti pita.

  1. Turki: Kuzu Tandır
Kuzu Tandır
Kuzu Tandır. [Foto: Ist]

Di Turki, kuzu tandır adalah hidangan yang sangat terkenal selama Idul Adha. Tandır adalah metode memasak tradisional di mana daging kambing atau domba dimasak dalam oven tanah liat yang dipanaskan dengan kayu bakar. Daging dimarinasi dengan garam, merica, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya sebelum dimasak dalam oven selama berjam-jam hingga menjadi sangat lembut dan beraroma. Hidangan ini disajikan dengan nasi atau roti pide dan kadang-kadang dilengkapi dengan sayuran panggang.

  1. Maroko: Tajine Daging Kambing dengan Kurma
Tajine dengan Kurma
Sepikir tajine dengan Kurma. [Foto: Ist]

Tajine adalah alat masak tradisional Maroko yang digunakan untuk memasak hidangan seperti Tajine Daging Kambing dengan Kurma selama Idul Adha. Daging kambing dimasak dalam tajine bersama dengan kurma, kismis, almond, bawang, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan saffron. Proses memasaknya yang lambat membuat daging menjadi sangat lembut dan menghasilkan saus yang kaya dengan rasa manis dari kurma dan aroma rempah yang khas. Hidangan ini disajikan dengan roti Arab atau couscous.

Setiap masakan khas Idul Adha dari berbagai negara Muslim memiliki ciri khasnya sendiri, namun semuanya tetap sama sama bertujuan untuk berbagi kesamaan dalam pemanfaatan daging kurban yang disajikan dengan penuh kehangatan dan kesyukuran.

Selamat menikmati dan merayakan Idul Adha dengan hidangan khas yang lezat ini!

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Hacker Ini Malah Diintimidasi Cyber Crime Polri Saat Laporkan Peretasan

Konsultan Kemanan Siber, Teguh Aprianto bercerita tentang pengalamannya saat terintimidasi oleh Polri. Uniknya, momen itu justru terjadi saat Teguh memberi peringatan kepada Polri yang bertujuan untuk menyelamatkan data mereka.

Tingkatkan Mutu SDM, Badiklat Kemhan Gelar Studi Lapangan di Sumedang

Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar kegiatan Studi Lapangan ke Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Maskara Cepat Kering? Ikuti Tips Ini Agar Bisa Lebih Tahan Lama

Penggunaan maskara yang baik, bisa membuat riasan mata tambah cantik dan menawan. Namun, riasan justru akan menganggu kenyamanan jika maskara yang digunakan malah sudah mengering.

Awas! Ini Bahaya Terlalu Sering Minum Minuman Manis

Siapa sih yang tidak suka minum-minuman manis? Minuman yang memanjakan lidah ini memang rasanya nikmat, segar, dan bikin ketagihan.

Heboh Peramal India Prediksi Kiamat Bakal Terjadi Empat Hari Lagi

Media sosial sedang dihebohkan dengan kabar seorang pria dari India bernama Kushal Kumar yang meramalkan bahwa akan terjadi kiamat di tanggal 29 Juni mendatang.

Lagi Tren ‘Cek Khodam’, Apaan Sih?

Setiap orang harus mempertimbangkan keyakinan pribadi dan dampak spiritual dan keagamaan sebelum terlibat dalam praktik terkait khodam.

HOLOPIS FEEDS