BerandaNewsRagamJakarta Pastikan Kesiapan RPH Hewan Kurban Maksimal

Jakarta Pastikan Kesiapan RPH Hewan Kurban Maksimal

"Jumlah petugas yang akan membantu pelaksanaan pemotongan hewan kurban sebanyak 1.253 orang, termasuk petugas dari stakeholder dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya," kata Heru.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pastikan kesiapan rumah pemotongan hewan (RPH) Jakarta untuk Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, telah maksimal.

Kesiapan tersebut meliputi pelaksanaan pemotongan, menjamin kesehatan hewan kurban, serta fasilitas penunjang agar proses pemotongan hingga distribusi daging. 

“Jumlah petugas yang akan membantu pelaksanaan pemotongan hewan kurban sebanyak 1.253 orang, termasuk petugas dari stakeholder dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya,” kata Heru seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (15/6). 

Dikatakan Heru, penyelenggaraan pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada 17 Juni 2024 dan akan disalurkan untuk penanggulangan masalah stunting dan panti sosial.

Penerbit Iklan Google Adsense

Ia juga mengimbau agar distribusi hewan kurban dilakukan secara ramah lingkungan, seperti menggunakan wadah yang bisa dipakai berulang kali.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati menambahkan, pihaknya telah melaksanakan supervisi dan monitoring pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK).

“Hingga Kamis (13/6), pemeriksaan dilakukan di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta yang tersebar di 1.061 TPnHK, dengan total hewan yang telah diperiksa sebanyak 68.560 ekor. Hewan kurban tersebut berasal dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” ungkap Suharini.

Suharini juga menambahkan, Dinas KPKP telah melaksanakan surveilans atau monitoring terhadap penyakit Anthrax di TPnHK. Hasilnya, sebanyak 226 sampel preparat ulas darah dinyatakan bebas Anthrax berdasarkan hasil uji laboratorium.

“Kegiatan ini masih terus berlanjut seiring dengan kedatangan hewan kurban lainnya yang masuk ke DKI Jakarta. Ini sudah dilakukan sejak awal Juni 2024 untuk menjamin kesehatan dan kelayakan hewan kurban,” ujarnya.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai H+3 (hari tasyrik). Dapat dipastikan, seluruh hewan kurban yang ada di tempat penampungan hewan sudah diperiksa kesehatannya dan sesuai syariat Islam,” pungkas Suharini.

Tercatat sebanyak 81.070 ekor hewan kurban masuk ke Jakarta, dengan 70.126 ekor di antaranya dilakukan pemotongan di Jakarta. Sementara pada 2024, hewan kurban yang masuk ke Jakarta diprediksi naik 2,5 persen, dengan potensi hewan yang dipotong di Jakarta naik sebesar 1,5 persen.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Khasiat Keju untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak suka keju? Keju bukan hanya lezat untuk dinikmati sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Cara Menjaga Diri dari HIV: Langkah-langkah Pencegahan yang Efektif

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Polri Gelar Pesta Rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri menggelar Pesta Rakyat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, di Lapangan Monas pada Senin 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai acara, dan diramaikam dengan penampilan sejumlah artis Tanah Air.

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS