HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN atau ASEAN Dengue Day diperingati pada 15 Juni di setiap tahunnya. Ada pun hari besar tersebut diperingati untuk menyadarkan masyarakat agar bisa melakukan sejumlah langkah, baik itu pencegahan hingga pengendalian terhadap demam berdarah itu sendiri.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang menjangkau global, dimana banyak orang yang pada akhirnya meninggal dunia karena ini.

Maka dari itu, Hari Demam Berdarah ini diperingati sebagai pengingat juga untuk masyarakat agar tetap memperhatikan mengenai DBD tersebut.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) turut serta memperingati Hari Demam Berdarah ASEAN 2024, seperti salah satunya tema yang diusung untuk peringatan hari besar tersebut, berikut selengkapnya :

Tema Hari Demam Berdarah ASEAN 2024

Peringatan Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN 2024 di Indonesia ini mengusung tema ‘Wujudkan Indonesia Bebas Dengue’, ada pun slogan yang digunakan seiring dengan tema tersebut yakni ‘Basmi Dengue dengan 3M Plus’.

Ada pun Kemenkes RI turut memberikan pesan kepada masyarakat agar ‘Jangan Lupa Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Jentik Seminggu Sekali’.

Selain daripada itu, sobat Holopis juga perlu mengetahui ciri gejala dari Demam Berdarah itu sendiri, agar bisa diwaspadai bersama.

Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah

  1. Demam Tinggi

Demam yang tinggi adalah salah satu gejala utama DBD. Suhu tubuh yang mencapai 40°C (104°F) atau lebih tinggi dapat terjadi tiba-tiba dan berlangsung selama 2-7 hari.

  1. Nyeri Otot dan Sendi

Penderita DBD sering mengalami nyeri otot dan sendi yang parah, yang seringkali dijelaskan sebagai rasa pegal dan tidak nyaman di seluruh tubuh.

  1. Sakit Kepala yang Parah

Sakit kepala yang parah, terutama di bagian belakang mata, dapat menjadi gejala DBD. Kadang-kadang, sakit kepala ini dapat disertai dengan rasa nyeri saat bergerak bola mata.

  1. Ruam Kulit

Sebagian penderita DBD mengalami ruam kulit yang muncul beberapa hari setelah demam dimulai. Ruam ini dapat terjadi di seluruh tubuh dan seringkali disertai dengan gatal-gatal.

  1. Pendarahan

Pendarahan dapat terjadi sebagai gejala lanjutan DBD. Ini bisa berupa pendarahan gusi, mimisan, atau perdarahan dari hidung atau bahkan dari kulit.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah gejala umum yang terjadi pada beberapa penderita DBD, terutama saat demam tinggi.

  1. Gangguan Pencernaan

Beberapa orang dengan DBD mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sakit perut.

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Penderita DBD sering kehilangan nafsu makan akibat demam dan gejala lainnya.

  1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di leher dan pangkal paha, dapat terjadi pada beberapa kasus DBD.