Categories: Ekobiz

Keluhan Zulhas Berbuah Manis, DPR Setuju Anggaran Kemendag Ditambah Rp 2,4 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Keluhan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan alias Zulhas terkait anggaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang tiap tahun terus menurun kepada DPR RI berbuah manis.

Komisi VI DPR RI akhirnya menyetujui usulan penambahan anggaran Kemendag di tahun 2025 sebesar Rp 2,4 triliun. Jika ditambah dengan pagu indikatif 2025 yang sebesar Rp 1,6, maka anggaran Kemendag menjadi Rp 4 triliun.

“Komisi VI DPR RI menyetujui usulan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia terkait usulan tambahan anggaran,” kata Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung dalam rapat dengan Mendag RI, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (13/6).

Adapun usulan penambahan anggaran itu sebelumnya telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui surat nomor PR.002/239/M-DAG/SD/4/2024 pada 30 April 2024 lalu.

Usulan penambahan anggaran itu terdiri dari, pertama untuk peningkatan peran 46 perwakilan perdagangan di negara tujuan ekspor berupa promosi dagang, market intelligence, business forum, dan business matching sebesar Rp 900 miliar.

Kedua, untuk pengembangan perdagangan antara wilayah, untuk misi dagang setiap daerah di Indonesia dan perlindungan konsumen sebesar Rp 700 miliar.

Ketiga untuk peningkatan ekspor produk berteknologi menengah, dan tinggi berupa pameran dagang, misi dagang, integrasi informasi ekspor, pembinaan UMKM ekspor, dan pengamanan perdagangan sebesar Rp 800 miliar.

Pun sebelumnya, Mendag Zulhas dalam kesempatan yang sama mengeluhkan soal anggaran di Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang terus menurun setiap tahunnya kepada DPR RI.

“Setiap tahun anggaran Kemendag mengalami penurunan,” kata Zulhas.

Zulhas kemudian menjelaskan, anggaran yang diterima Kemendag Pada 2021 sebesar Rp 3 triliun. Kemudian turun menjadi Rp 2,1 triliun di tahun 2022.

Pada tahun tahun 2023, lanjutnya, anggaran Kemendag sempat mengalami kenaikan menjadi Rp 2,4 triliun. Namun turun lagi di tahun 2024 menjadi Rp 1,9 triliun.

“Turun lagi menjadi Rp 1,6 triliun pada 2025,” katanya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Heru Budi Bakal Balik ke Istana Usai Jadi Pj Gubernur DKI

Usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tidak akan…

5 menit ago

BPKP NTT Komitmen Percepat Pengungkapan Kasus Korupsi Dana Covid-19

HOLOPIS.COM, NTT - Humas BPKP Provinsi NTT, Agnes Tiara menyampaikan pihaknya masih terus berkoordinasi secara…

20 menit ago

RESEP : Soto Madura, Maknyus Dimakan Saat Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Soto Madura, yang tentunya lezat dan nikmat.…

35 menit ago

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana…

50 menit ago

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang…

1 jam ago

Menko PMK Nilai Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam Haji 2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah…

1 jam ago