Categories: Militer

Bertemu Dubes Chili, KSAL Bahas Kerja Sama Pertahanan Laut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Muhammad Ali menerima kunjungan Duta Besar Republik Chili Mario Ignacio Artaza, di Admiral Room, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (10/6), kedua belah melakukan pembicaran terkait kerja sama antara Angkatan Laut. Seperti diketahui, kerja sama pertahanan kedua angkatan laut telah terjalin melalui keanggotaan kedua negara pada forum Western Pasific Naval Symposium (WPNS) dan Indian Ocean Naval Symposium, yang bertujuan untuk mendiskusikan serta membahas masalah kemaritiman di kawasan regional.

Dalam kesempatan ini, saat menyambut kedatangan Duta Besar Chili, KSAL menyampaikan terima kasih atas kunjungan Duta Besar Chili beserta sejumlah pejabat, dan berharap kerja sama antara kedua negara khususnya terkait pertahanan laut akan semakin meningkat.

“Terima kasih atas partisipasi Angkatan Laut Chili dalam event internasional yang diselenggarakan TNI AL yaitu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan Internasional Maritime Security Symposium (IMSS) di Makasar pada 2023 yang lalu. Kedepan kami akan kembali mengundang di event yang sama pada awal tahun 2025 nanti,” kata Muhammad Ali dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Dubes Chili pun langsung menyambut baik rencana tersebut. Hal itu mengingat pada pekan lalu Dubes Chili juga telah melaksanakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Dimana kala itu kedua negara sepakat untuk saling aktif bekerja sama, dalam membangun kolaborasi antar kawasan, khusus di bidang pertahanan.

Turut hadir sejumlah pejabat tinggi Mabesal dalam pertemuan ini diantaranya, Asisten Intelijen (Asintel) Kasal Laksamana Muda TNI Akmal, Asisten Perencanaan (Asrena) Kasal Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofian, Wakil Dubes Chili untuk Indonesia Francisca Klaassen, serta pejabat terkait lainnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Lirik dan Terjemahan Lagu Avenged Sevenfold – Wish You Were Here

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Wish You Were Here jadi salah satu lagu hits milik grup band…

11 menit ago

Lirik Lagu Kalung Emas – Didi Kempot, Berikut Terjemahannya

Lagu Kalung Emas menjadi salah satu karya mendiang Didi Kempot yang populer sepanjang masa.

26 menit ago

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada…

41 menit ago

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini,…

56 menit ago

Jadwal Perempat Final Euro 2024 Malam Ini : Spanyol vs Jerman, Portugal vs Prancis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Babak perempat final Euro 2024 siap bergulir, dua duel sengit pun akan…

1 jam ago

Jokowi Wanti-wanti Potensi Peretasan Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) tidak banyak berkomentar dengan ulah peretas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS)…

1 jam ago