BerandaNewsPolhukamHasto Penuhi Panggilan KPK, Janji Jujur soal Harun Masiku

Hasto Penuhi Panggilan KPK, Janji Jujur soal Harun Masiku

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan tim penyidik dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Gedung Merah Putih, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Senin pagi.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan tim penyidik dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Gedung Merah Putih, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Senin pagi.

Hasto menyatakan bahwa kedatangannya hari ini adalah bagian dari upaya untuk taat pada penegakan hukum di Indonesia dan sebagai warga negara yang baik.

“Sebagai warga negara yang taat pada hukum, saya memenuhi panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata Hasto saat doorstop di depan gedung KPK, seperti dikutip Holopis.com, Senin (10/6).

Kedatangannya hari ini adalah untuk memberikan keterangan lengkap kepada tim penyidik tentang Harun Masiku, baik soal keterlibatan kasus ini hingga keberadaan kadernya itu.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Untuk memberikan keterangan dan saya diundang dalam kapasitas sebagai saksi atas persoalan yang berkaitan dengan saudara Harun Masiku,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hasto berjanji akan memberikan keterangan selengkap mungkin dan sebenar-benarnya untuk membantu KPK menuntaskan kasus Harun Masiku.

“Saya akan memberikan keterangan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Tidak sendiri, Hasto dikawal oleh para tim kuasa hukumnya. Antara lain ; Arief Patramijaya Mirhan Zen alias Patra Zen dan Ronny Berty Talapessy.

Tak banyak bisa ia sampaikan dalam keterangan pers kedatangannya di gedung KPK. Namun Hasto meminta pers menunggu saja hasil pemeriksaan dirinya, apakah keterangannya nanti dapat menjadi kelanjutan babak baru dari proses penanganan korupsi Harun Masiku hingga keberadaannya saat ini.

“Sehingga nanti setelah tugas sebagai saksi ini saya jalankan dengan sebaik-baiknya, saya akan memberikan keterangan pers dengan selengkap-lengkapnya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dijadwalkan diperiksa oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (10/6). Lembaga antirasuah mengingatkan Hasto untuk kooperatif dengan memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyidik

Demikian dikatakan Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (6/6). Sedianya Hasto bakal diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode yang menjerat mantan caleg PDIP yang kini buron Harun Masiku.

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk hadir di gedung merah putih KPK pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 10.00 WIB. Kami berharap yang bersangkutan hadir sesuai jadwal pemanggilan dimaksud,” ujar Ali Fikri.

Diketahui, KPK belakangan ini kembali melacak keberadaan Harun Masiku dengan memeriksa sejumlah saksi. Nah, Hasto dipanggil penyidik untuk didalami mengenai informasi baru dugaan keberadaan Harun. Selain keberadaan, KPK mengendus adanya upaya menghalangi pencarian Harun Masiku.

KPK sebelumnya telah memeriksa seorang pelajar atau mahasiswa bernama Melita De Grave pada Jumat (31/5). Selain itu, pengacara bernama Simeon Petrus dan seorang pelajar lainnya bernama Hugo Ganda juga telah diperiksa tim penyidik KPK. Tim penyidik KPK dalam pemeriksaan itu mencecar para saksi mengenai pihak yang diduga mengamankan keberadaan Harun Masiku.

Adapun kasus yang menjerat Harun Masiku bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar KPK pada 8 Januari 2020 lalu. Tim satgas KPK saat itu menangkap sejumlah orang, termasuk Wahyu Setiawan selaku komisioner KPU dan Agustiani Tio Fridelina selaku anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu.

Sementara, Harun Masiku yang merupakan calon anggota DPR dari PDIP pada Pileg 2019 melalui daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan I dengan nomor urut 6 itu seolah hilang ditelan bumi. KPK menetapkan Harun Masiku sebagai buronan atau masuk dalam daftar pencarian orang sejak 29 Januari 2020. Hingga kini, KPK belum mampu dapat membekuk penyuap Wahyu Setiawan itu.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ssttt, Dugaan Rasuah Anggota BPK Ahmadi Noor Supit dan DPR Komisi XI Diselidiki KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki dugaan rasuah yang menyeret nama Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ahmadi Noor Supit dan...

Bobby Nasution Akui Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada : Paling Besar Mendoakan

Wali Kota Medan Bobby Nasution ikut menanggapi tuduhan Sekjen PKS mengenai adanya cawe-cawe Presiden Jokowi di pelaksanaan Pilkada.

Puan Maharani Desak Presiden Jokowi Evaluasi Budi Arie Setiadi

Puan Maharani menanggapi pengunduran diri yang dilakukan anak buah Menkominfo Budi Arie Setiadi pasca serangan peretas PDN

Habib Syakur Sarankan Cindra Lanjut ke Polisi Usai Sukses Bikin Hasyim Asyari Dipecat

Menurut Habib Syakur, publik wajar ketika memandang kasus ini dalam kacamata beragam. Sebab, kasus ini cukup menarik dan memicu banyak spekulasi dari banyak kalangan.

Cindra Masih Pertimbangkan Laporkan Hasyim Asyari ke Polisi

Kuasa hukum Cindra Aditi Tejakinkin, Aristo Pangaribuan mengatakan bahwa kliennya masih mempertimbangkan untuk melanjutkan kasus tindakan asusila yang dilakukan Hasyim Asy'ari ke Kepolisian.

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS