BerandaNewsHajiWaduh! Selebgram RI Dibekuk Polisi Arab Saudi Gegara Jualan Visa Haji Ilegal

Waduh! Selebgram RI Dibekuk Polisi Arab Saudi Gegara Jualan Visa Haji Ilegal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seorang pegiat media sosial atau selebgram asal Indonesia harus pasrah dibekuk oleh aparat keamanan Kerajaan Arab Saudi karena diduga mempromosikan dan menjual visa haji ilegal, dimana visa tersebut merupakan via ziarah.

“Yang bersangkutan sudah ditahan oleh petugas keamanan,” kata Konsul Jenderal RI di Jeddah, Yusron B. Ambary dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (8/5).

Yusron mengatakan, terdapat jamaah di Mekah yang diduga menjadi korban dari selebgram tersebut. Pihak KJRI pun, kata dia, tengah menelusuri keberadaan mereka.

Dia pun mengaku khawatir jika para jemaah yang menjadi korban tersebut tersangkut kasus hukum, karena menggunakan visa ziarah untuk berhaji. Terlebih saat ini, otoritas keamanan Arab Saudi rutin menggelar razia-razia di sejumlah lokasi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tak hanya di lokasi haji, razia ini juga digelar pihak Kerajaan Arab Saudi di dunia maya. Akun-akun media sosial yang menjual visa haji ilegal dengan iming-iming tanpa antre menjadi sasaran utama dalam razia tersebut.

“Mereka (jamaah) tidak ada yang mengurus saat ini. Pihak Arab Saudi sudah merazia akun-akun media sosial yang menjual visa haji tanpa antre. Arab Saudi akan membasmi haji tanpa prosedural dengan serius,” ujarnya.

Jika menyelam di media sosial seperti Instagram, X (twitter) maupun Tiktok, memang banyak ditemukan pengguna yang mempromosikan visa haji tanpa antre, dimana visa tersebut tergolong ilegal.

Menurut Yusron, pengguna akun media sosial ada yang menetap di Indonesia dan luar negeri. Selain atas nama travel, juga terdapat nama perseorangan yang menjual dan mempromosikan visa haji ilegal tersebut.

“Ada yang tinggal di Arab Saudi, ada yang tinggal di Indonesia. Banyak perorangan juga. Tapi, kami lebih pada menangani korban di Arab Saudi. Termasuk yang sekarang bermasalah itu, kami sedang menelusuri keberadaan mereka,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi

Membawa jemaah tersebut berziarah ke Raudhah merupakan ikhtiar petugas melayani para tamu Allah memperoleh kesempatan beribadah dan berdoa di tempat mustajab tersebut.

Alhamdulillah, 66 Ribu Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, bahwa dalam fase pemulangan jemaah haji Indonesia, hingga tanggal 30 Juni 2024 pukul 21.00 WAS, setidaknya ada 66 ribu lebih yang sudah mendarat di tanah air.

Jamin Kesehatan Jemaah Haji, PPIH Gelar Inspeksi di Tempat Katering dan Pemondokan

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melalui tim Sanitasi dan Food Security Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di tempat katering dan pemondokan.

66 Ribu Lebih Jemaah Haji Sudah Pulang ke Tanah Air

Kementerian Agama (Kemenag) RI melaporkan perkembangan terkini fase pemulangan jemaah haji Indonesia pada musim haji 1445 H/2024 M.

Ingat! Jemaah Haji Dilarang Bawa Zamzam di Koper Bagasi

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengingatkan jemaah haji Indonesia untuk tidak memasukkan air zamzam dalam berbagai kemasan ke dalam tas koper.

Kemenag Geram, 50 Persen Penerbangan Pulang Haji Indonesia Terlambat

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab menyoroti tingginya angka keterlambatan penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS