BerandaNewsEkobizBos Pangan Pastikan Stok Beras Aman, Lebaran Haji Jadi Tenang

Bos Pangan Pastikan Stok Beras Aman, Lebaran Haji Jadi Tenang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyampaikan, bahwa stok beras cadangan pemerintah dalam kondisi yang aman dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 2024.

“Sekarang kan semuanya sudah dipersiapkan (menghadapi Idul Adha). Jadi, kita punya cadangan pangan, cadangan (beras) pemerintah,” kata Arief seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (8/6).

Arief menyampaikan, stok cadangan beras pemerintah yang dikuasai Perum Bulog saat ini mencapai 1,8 juta ton. Ia memastikan, stok tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, utamanya dalam menghadapi Idul Adha.

Dia juga mengatakan, dirinya telah melakukan kunjungan ke berbagai daerah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memantau sejumlah harga pangan, bahkan meninjau sejumlah gudang beras Perum Bulog.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kemarin saya baru dari Agam di Sumatera Barat, Pemerintah Sumatera Barat juga sudah punya cadangan pangan,” ucap Arief.

Selain di Sumatera Barat, Arief juga mengatakan telah meninjau berbagai daerah lain, seperti Kota Lubuklinggau di Sumatera Selatan; Kota Dumai, Pakanbaru di Riau, Merangin di Jambi; Kota Kendari, Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Kolaka Timur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Sudah banyak yang kami kunjungi, udah keliling. Bahkan sebelumnya ke Biak, ke Nagekeo di NTT, Kupang, banyak,” ujar Arief.

Meski begitu, Arief tidak merinci sejumlah harga pangan. Namun ia memastikan, pangan di daerah yang telah dikunjungi bersama Presiden Jokowi dalam kondisi yang relatif aman dan terjangkau.

“Harga-harga relatif stabil. Dengan Pak Presiden kemarin kan baru dari Riau. Ya tugas kita memang harus memastikan harga stabil dan stok aman, karena wilayah kita itu luas,” tutur Arief.

Sebelumnya, Perum Bulog memastikan stok beras dalam menghadapi Idul Adha 2024 dalam kondisi yang aman. Dimana saat ini, stok beras di gudang perusahaan pelat merah RI itu mencapai 1,81 juta ton.

“Saat ini stok (beras) Bulog sangat aman, karena kami memiliki stok 1,81 juta ton. Menurut saya stok itu sangat aman,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi, Senin (27/5).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS