Senin, 17 Juni 2024
BerandaNewsRagamCegah Anthrax Dinas KPKP Ambil Puluhan Sampel Hewan Qurban

Cegah Anthrax Dinas KPKP Ambil Puluhan Sampel Hewan Qurban

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak), menggelar surveilans penyakit hewan anthrax di wilayah Kota Adminsitrasi Jakarta Pusat. Kegiatan itu menyasar sejumlah Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) dalam rangka Idul Adha 1445 H.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, kegiatan surveilans penyakit anthrax ini dilaksanakan mulai Rabu (5/6) hingga Kamis (6/6). Kegiatan ini juga dalam rangka menghadapi Idul Adha 1445 H.

“Hari pertama kegiatan menyisir wilayah Kecamatan Menteng dan Tanah Abang. Hari kedua di wilayah Kemayoran,” katanya, Kamis (6/6).

Dikatakan Penty, pada hari pertama petugas Pusyankeswannak Dinas KPKP menyambangi empat lokasi TPnHK di Kecamatan Menteng dan enam lokasi di Tanah Abang. Mereka juga telah mengambil 25 sampel darah dan tanah dari empat lokasi.

- Advertisement -

“Hingga Kamis (6/6) sudah ada kurang lebih 25 sampel yang diambil dari lima kandang yang ada di Jakarta Pusat,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama Kepala Pusyankeswannak Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan menambahkan, kegiatan surveilans penyakit anthrax ini menyasar seluruh wilayah di DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan sejak 27 Mei hingga 13 Juni 2024 mendatang.

Diharapkan Renova, surveilans ini bisa mengantisipasi dan menangkal penyakit anthrax masuk ke wilayah Jakarta menjelang Idul Adha 1445 H. Ditargetkan, 105 lokasi TPnHK dengan 525 jumlah sampel preparat ulas darah (PUD) jadi sasaran kegiatan ini.

“Hingga hari ini hasil pengambilan sampel sudah dilakukan ke 53 lokasi TPnHK dan pengujian sebanyak 276 sampel. Seluruhnya kami nyatakan aman,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Hadapi Libur Panjang, Kemenhub Sidak Kesiapan Transportasi Umum

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hadapi libur panjang, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi adanya peningkatan mobilitas masyarakat.  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah kesiapan pada...

Tips Potong Buah Semangka Simple

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Semangka adalah salah satu jenis buah favorit yang sering disantap untuk menjadi buah pencuci mulut setelah hidangan yang beragam. Hal tersebut...

2.125 Warga di Kabupaten Pohuwato Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda empat Kecamatan yang berada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan berdampak kepada ribuan warga.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS