BerandaNewsEkobizKemendag Pastikan IEU CEPA Sesuai Target

Kemendag Pastikan IEU CEPA Sesuai Target

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) pastikan perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa atau Indonesia – EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) akan rampung sebelum 20 Oktober 2024 atau sebelum masa pemerintahan baru.

“IEU CEPA mudah-mudahan sebelum lengser, sebelum lengser bisa kita selesaikan. Mudah-mudahan ya, sebelum Oktober,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ditemui di Kemendag, Jakarta seperti dikutip Holopis.com, Jumat (31/5).

Zulkifli menjelaskan Pemerintah Indonesia akan terus mengejar perundingan lanjutan agar target yang telah ditetapkan sesuai.

“Saya kejar Juni, awal Juni ini di sini (Indonesia), terus ya tiap bulan. Saya minta kepada Pak Djatmiko Dirjen PPI untuk selesaikan sebelum 20 Oktober,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurutnya, perundingan IEU-CEPA bertujuan untuk membuka perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa. Keduanya akan diuntungkan secara ekonomi melalui peningkatan produk domestik bruto (PDB) riil.

Hasil kajian dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan terdapat potensi pertumbuhan PDB riil mencapai 0,10 persen, serta potensi efek pendapatan meningkatkan sebesar 2,8 miliar dolar AS bagi Indonesia. Ekspor Indonesia ke Uni Eropa juga berpotensi naik sebesar 57,76 persen.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Edi Prio Pambudi menambahkan, Indonesia dan Uni Eropa telah menyepakati 11 isu dari total 21 isu dalam perundingan putaran ke-18 IEU-CEPA.

Kesepakatan tersebut mencakup Customs and Trade Facilitation, Trade Reemedies, Economic Cooperation and Capacity Building, Technicial Barriers to Trade (TBT), Sanitary and Phytosanitary, Small End Medium Enterprises, Dispute Settlement, Institutional and Final Provisions (IFP), dan Transparency.

Kemudian isu lainnya meliputi Good Regulatory Practices, dan Sustainable Food System (SFS).

Perundingan kerja sama Indonesia-Uni Eropa berjalan cukup lama karena standard-standard yang ditetapkan Uni Eropa selalu berubah.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menegaskan kepada pihak Uni Eropa untuk menetapkan standard atau goal setting yang jelas dan sama di setiap perundingan.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS