BerandaNewsEkobizTolak Tapera, ASPEK Indonesia : Hanya Akal-akalan Pemerintah Kumpulkan dan Kelola Dana

Tolak Tapera, ASPEK Indonesia : Hanya Akal-akalan Pemerintah Kumpulkan dan Kelola Dana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Federasi Serikat Pekerja (FSP) ASPEK Indonesia, Gofur menyampaikan bahwa pihaknya dengan tegas menolak kebijakan pemotongan gaji pekerja untuk iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Namun pada dasarnya, Gofur menyampaikan, bahwa pihaknya mendukung upaya pemerintah dalam menyiapkan tempat tinggal bagi para pekerja, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UUD 1945.

“Kami sangat setuju pemerintah siapkan rumah untuk pekerja dan masyarakat tidak mampu, namun bukan hanya memotong Iuran dari upah seluruh pekerja sebesar 2,5 persen, dan 0,5 persen dari Pengusaha, karena akan menambah beban bagi para pekerja yang hari ini upahnya masih banyak dibawah ketentuan.” Kata Gofur dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (30/5).

“Jangan lagi upah pekerja dipotong terus oleh pemerintah, karena kenaikan pajak saja sudah membuat pekerja menjerit, ditambah lagi potongan untuk Tapera, sementara kenaikan upah sangat kecil,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurut Gofur, besaran potongan iuran Tapera, baik dari pekerja maupun perusahaan terlalu mengada ada, karena belum jelas mekanisme kepemilikan rumah bagi pekerja yang tergabung menjadi peserta Tapera.

Secara matematis, kata dia, tidak mungkin pekerja dapat membeli rumah saat mereka memasuki usia pensiun atau di PHK dengan jumlah iuran yang dibayarkan setiap bulannya.

“Kebijakan pemotongan upah 2,5 persen dari pekerja, dan 0,5 persen dari pengusaha bukan hanya membebani pekerja, tetapi juga memberatkan pengusaha, kebijakan tersebut dianggap akal-akalan pemerintah untuk mengumpulkan dan mengelola dana dari pekerja dan pengusaha. Sementara pemerintah yg memiliki kewajiban untuk menjamin kepemilikan rumah bagi rakyatnya, tidak ikut mengiur sama sekali.” lanjut Gofur

“Dengan ketidakjelasan program kepemilikan rumahnya, kami khawatir iuran Tapera juga berpotensi menjadi lahan bagi-bagi jabatan baru, dan bisa menjadi lahan korupsi baru bagi para pejabat yang menanganinya.” ujar Gofur

FSP ASPEK Indonesia meminta pemerintah untuk membatalkan peraturan Tapera yang telah diputuskan, dan mendorong pemerintah untuk terus memperluas program perumahan subsidi, utamanya bagi buruh berstatus kerja Outsourcing dan PKWT.

Sebab menutut Gofur, para buruh outsourcing dan PKWT sangat sulit dalam mengajukan KPR ke Bank, dengan status kerja mereka yang tidak memiliki jaminan kepastian kerja.

“Selain itu pemerintah juga bisa memperkuat bantuan perumahan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja dapat memiliki atau memperbaiki rumah tinggalnya.” tutup Gofur.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS