BerandaNewsDaerahEfek Badai Tropis Ewiniar, Provinsi Kalimantan Berpotensi Terus Diguyur Hujan

Efek Badai Tropis Ewiniar, Provinsi Kalimantan Berpotensi Terus Diguyur Hujan

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Hujan mengguyur sebagian besar wilayah kota Balikpapan akhir-akhir ini, tak hanya di Balikpapan tapi hujan juga mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan. Hal ini terjadi karena adanya Siklon Tropis atau Badai Tropis Ewiniar yang tengah terjadi kota Quezon, Filipina.

“Jadi siklon atau biasa kita sebut badai tropis itu biasa terjadi di belahan bumi utara, seperti di Laut China Selatan dan sekitar laut wilayah Filipina itu akan memberikan efek tidak langsung dari adanya siklon tropis itu karena arah angin atau belokan angin itu kita melihat apakah ada pertumbuhan awan-awan konvektif,” terang Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Balikpapan, Dian Novrida seperti dikutip Holopis.com, Selasa (28/5).

Efek yang dihasilkan dari adanya awan konvektif dan arah angin yang melambat ini adalah intensitas hujan dari rendah hingga lebat di area yang terdampak disertai petir dalam durasi yang cukup lama.

“Memang salah satu efeknya adalah hujan dan saat ini juga terjadi peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau disekitar awal Juli hingga awal Agustus jadi ini masih masa transisi,” tuturnya lagi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Terpantau dari Satelit Himawari – 9 untuk cuaca ekstrim seperti sekarang tak akan berlangsung lama, hanya dalam kurun waktu 3 hingga 7 hari ke depan sebelum musim peralihan pada bulan Juli akan datang.

“Paling lama sekitar 7 hari, tapi untuk masa peralihan mungkin akan seperti ini terus sampai di sekitar bulan Juli,” ucap wanita yang kerap disapa Diyan itu.

Di Kalimantan Timur sendiri turun hujan hampir merata di setiap daerah Kalimantan Timur bagian Utara hingga Selatan. Intensitasnya juga bervariasi dari ringan hingga lebat.

Terkini di update soal data gempa pihaknya mengungkapkan gempa yang terjadi tak dapat di prediksi namun cenderung tidak membahayakan.

“Intensitasnya tidak terlalu besar hanya 3 atau 4 skala richter atau MMI (Modified Mercally Intensity) jadi dirasakan juga relatif aman dan dampaknya tidak sampai meluas, hanya sekitar pusat gempa saja,” singkatnya.

Hingga berita ini diturunkan intensitas hujan di Kalimantan Timur, Balikpapan khususnya cukup tinggi dari mulai sedang hingga lebat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Berantas Kemiskinan DKI Gelontorkan Rp 18,96 Triliun

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hadir di acara Internasional Mayor Forum (IMF) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (2/7).

Heru Bagikan Sembako di RPTRA Pulo Gundul : Rutinitas Pemda DKI

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyediakan seribu paket sembako murah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (1/7).

Maraknya Pencari Suaka Pemda DKI Akan Bahas Dengan UNHCR

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membahas maraknya pencari suaka yang mendirikan tenda-tenda di Jalan Setia Budi Selatan, Kuningan, Jakarta Selatan.

Heru Respons Bocah 6 Tahun Tewas Usai Jatuh di Rusunawa Rawa Bebek

Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menanggapi singkat terkait dengan kasus kecelakaan yang menimpa bocah usia 6 (enam) tahun di Rusunawa Rawa Bebek pada hari Selasa (25/6) sore kemarin.

Heru dan Gibran Kunjungi Kali Semongol, Cek Persiapan Antisipasi Banjir

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk melakukan kunjungan ke Kali Semongol, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada hari Jumat (28/6).

Pemprov Bangka Belitung Diimbau Buat Inovasi Tingkatkan Pendapatan Pajak dan Restribusi Daerah

Keuda mendorong Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk mengembangkan inovasi dan reformasi manajemen pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) melalui teknologi informasi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS