BerandaNewsRagamPuluhan Warga di Kabupaten Parigi Moutong Mengungsi Akibat Banjir

Puluhan Warga di Kabupaten Parigi Moutong Mengungsi Akibat Banjir

HOLOPIS.COM, SULTENG – Bencana banjir melanda puluhan pemukuman waga yang ada di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, bencana banjir yang terjadi sejak Minggu (19/5) itu disebabkan tingginya intensitas hujan.

“Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat hingga meluapnya sungai Bainaan Barat mengakibatkan banjir ke pemukiman warga,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (20/5).

Abdul kemudian menjelaskan, sejumlah wilayah terparah di Kabupaten Parigin Moutong yang terdampak banjir adalah di Desa Bainaa Barat di Kecamatan Tinombo.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dampak banjir setinggi antara 10 hingga 50 cm menyebabkan korban jiwa sebanyak 50 Kepala Keluarga terdampak dan 40 Kepala Keluarga mengungsi. Kerugian materil sebanyak 50 unit rumah terdampak, dan satu unit jembatan rusak.

Upaya penanganan banjir BPBD Kabupaten Parigi Moutong melakukan pendataan, dan evakuasi warga. Kondisi terkini banjir berangsur surut. Warga mulai membersihkan rumah masing-masing. Namun 40 Kepala Keluarga pengungsi masih belum berani kembali ke rumah masing – masing khawatir adanya banjir susulan.

Mencegah terjadinya banjir, Abdul kemudian mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat dengan pembangunan sumur resapan, sistem tampungan di saluran primer, penampungan air hujan, pembangunan tanggul sungai, dan pembangunan sistem polder, serta perbaikan saluran drainase.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS