BerandaHistoryHari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya

Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap tanggal 17 Mei, dunia memperingati Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia atau World Telecommunication and Information Society Day (WTISD).

Peringatan hari ini merupakan momen penting untuk merefleksikan peran vital teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kehidupan modern.

Sejarah Hari Komunikasi dan Informasi Sedunia

Hari Komunikasi dan Informasi Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 17 Mei 1969, peringatan ini sekaligus menandai berdirinya International Telecommunication Union (ITU).

Penerbit Iklan Google Adsense

PBB memilih tanggal ini untuk mengenang peran penting ITU dalam memfasilitasi komunikasi global dan mendorong kemajuan teknologi komunikasi.

Hari Telekomunikasi Sedunia yang dilembagakan oleh ITU Plenipotentiary Conference di Malaga-Torremolinos pada tahun 1973 silam, sebagai bentuk Resolusi 46.

Lalu, pada bulan November 2005, KTT Dunia tentang Masyarakat Informasi menyerukan kepada Majelis Umum PBB untuk mendeklarasikan tanggal 17 Mei sebagai Hari Masyarakat Informasi Sedunia.

Majelis Umum lalu mengadopsi resolusi (A/RES/60/252) pada bulan Maret 2006 yang menetapkan bahwa Hari Masyarakat Informasi Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 17 Mei.

Kemudian, pada bulan November 2006, ITU Plenipotentiary Conference di Antalya, Turki, memutuskan untuk memperingati kedua peristiwa tersebut pada tanggal 17 Mei sebagai Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia.

Tema Hari Telekomunikasi dan Informasi 2024

Setiap tahunnya, peringatan Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia memiliki tema yang berbeda-beda, dimana pada tahun 2024 ini, tema yang diusung adalah ‘digital innovatition for suatainable development’ atau inovasi digital untuk pembangunan berkelanjutan.

Tema ini mencerminkan fokus ITU untuk memastikan akses universal dan terjangkau terhadap TIK bagi semua orang, serta mendorong pemanfaatan TIK untuk mengatasi berbagai tantangan global, seperti kemiskinan, perubahan iklim, dan ketidaksetaraan.

Cara untuk memperingati Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia

Sebagai individu, kita dapat berkontribusi dalam mewujudkan TIK untuk kebaikan dengan:

  • Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya TIK: Edukasi diri dan orang lain tentang manfaat dan potensi TIK.
  • Menggunakan TIK secara bertanggung jawab: Hindari menyebarkan informasi yang salah dan gunakan media sosial dengan bijak.
  • Mendukung inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital: Berkontribusi dalam program yang menyediakan akses TIK bagi masyarakat yang kurang beruntung.
  • Mendorong penggunaan TIK yang inovatif dan berkelanjutan: Dukung pengembangan solusi TIK yang dapat mengatasi berbagai tantangan global.
Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS