HOLOPIS.COM, BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Jumat 17 Mei 2024.

Menurut prakiraan BMKG, cuaca Jabar pada hari ini umumnya bakal cerah berawan. Namun BMKG melihat adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sejumlah wilayah Jabar pada siang hari nanti.

Adapun potensi hujan ringan tersebut diprediksi bakal mengguyur wilayah Depok dan Pelabuhan Ratu. Sedangkan hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Cianjur, Cibinong, Cipanas, Cisarua, Gadog, Kota Bogor, dan Kab Sukabumi.

Selain itu, BMKG pun telah mengeluarkan peringatan dini akan potensi potensi cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai kilat atau petir, serta angin kencang di sejumlah wilayah Jabar pada siang hingga sore nanti.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat antara siang hingga sore hari di sebagian wilayah (Jabar),” tulis peringatan BMKG seperti dikutip Holopis.com, Jumat (17/5).

Adapun menurut BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut diantaranya yakni Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur.

Selain prakiraan mengenai cuaca, BMKG juga turut merilis informasi yang memuat prakiraan mengenai suhu dan kelembapan udara di wilayah Jabar pada hari ini.

Berdasarkan prakiraan BMKG, suhu udara di Jabar hari ini terbilang cukup dingin hingga mencapai 21 derajat celcius. Sedangkan untuk cuaca maksimalnya berada di angka 32 derajat celcius.

Adapun untuk kelembapan udara di Jabar pada hari ini bakal berkisar di angka 60 – 95 persen.