BerandaHiburanWisataSandiaga Uno Tak Setuju Study Tour Dihapuskan

Sandiaga Uno Tak Setuju Study Tour Dihapuskan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno) tak setuju dengan wacana penghapusan study tour bagi pelajar di Indonesia.

Hal ini disampaikan untuk merespons gelombang penolakan kegiatan study tour pasca adanya kecelakaan maut yang terjadi di Ciater yang menewaskan 11 orang, di mana rerata adalah pelajar SMK Lingga Kencana Depok pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 petang lalu.

Menurut Sandi, atas kasus kecelakaan yang terjadi seharusnya tidak menyalahkan kegiatan study tour, akan tetapi pemilihan armada bus kendaraan yang laik menjadi prioritas utama.

“Dari musibah kecelakaan yang terjadi di Ciater, kita jadikan ini pelajaran bahwa bukan study tour-nya yang harus diperketat, melainkan kelayakan kendaraan, fasilitas, dan sumber daya manusianya,” kata Sandi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (15/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Oleh sebab itu, Sandi pun memperingatkan kepada semua penyelenggara kegiatan study tour agar memastikan kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi laik jalan. Sehingga insiden kecelakaan seperti yang dialami oleh PO Trans Putera Fajar di Ciater tersebut tidak terulang lagi.

“Saya imbau kepada instansi atau organisasi yang akan mengadakan study tour, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang layak dan sesuai dengan aturan pemerintah,” tegasnya.

Sebelumnya, Study Tour menjadi polemik pasca insiden kecelakaan PO Putera Fajar kecelakaan di turunan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Di mana 9 orang meninggal adalah pelajar SMK Lingga Kencana yang sedang menyelenggarakan kegiatan wisata perpisahan kelulusan. Kemudian 1 orang tewas di antaranya adalah guru SMK tersebut, sementara 1 orang lainnya adalah warga sekitar yang tengah melintas menggunakan sepeda motor.

Apalagi setelah berdasarkan investigasi pihak Kepolisian, diketahui bahwa bus mengalami kecelakaan karena malfungsi rem, sebab sepanjang lokasi kejadian, tidak ditemukan adanya bekas pengereman.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenparekraf Genjot Peran Perempuan Dalam Industri Pariwisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong penguatan pengarusutamaan gender (PUG) sebagai upaya meningkatkan kesetaraan hak antara kaum laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata.

Ancol Tambah Kapasitas Kantung Parkir Saat Puncak HUT 497 Tahun Jakarta

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyediakan lahan parkir untuk sebanyak 3.000 kendaraan saat acara puncak Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta pada 22 Juni 2024 mendatang.

Sandiaga Ancam Deportasi Semua Turis Tak Beradab

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas para wisatawan asing atau turis yang tak punya adab dalam mengunjungi tempat wisata di Indonesia.

8 Danau Terbaik di Indonesia, Ada Toba di Sumut Hingga Beratan Bali

Hari Danau Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Mei tentu patut untuk dimeriahkan, salah satunya dengan mencari pengetahuan destinasi wisata danau terbaik di Indonesia.

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Dia mengatakan bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya dan untuk sementara pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Daftar Masjid di 5 Kota yang Wajib Dikunjungi saat Bulan Ramadan

Jika ingin berwisata dengan keluarga agar bulan suci Ramadan semakin terasa, ada beberapa kota di Indonesia yang wajib dikunjungi agar Sobat Holopis bisa refreshing, dan merasakan suasana bulan puasa di tiap daerah.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS