BerandaNewsRagamDMC dan Dompet Dhuafa Singgalang Gercep Bantu Penanganan Banjir Sumbar

DMC dan Dompet Dhuafa Singgalang Gercep Bantu Penanganan Banjir Sumbar

HOLOPIS.COM, SUMATERA BARAT – Banjir bandang kembali melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam. Wilayah terdampak bencana banjir ini mencakup Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang.

Intensitas curah hujan yang tinggi memicu terjadinya banjir. Hal ini juga yang terjadi di lima kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, yaitu Kecamatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.

Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama Dompet Dhuafa Singgalang dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumatera Barat turut membantu dalam penanganan di wilayah terdampak banjir bandang, tepatnya di Jorong Pagu-pagu, Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, pada Minggu (12/5/2024) malam.

Upaya yang dilakukan tim relawan DMC Dompet Dhuafa dalam respons cepat bencana banjir bandang yang terjadi yakni melakukan asesmen wilayah terdampak, koordinasi dengan pihak terkait, bergabung dengan tim relawan yang ada di lokasi membantu operasi pencarian korban terdampak dan mendirikan Pos Hangat.

Penerbit Iklan Google Adsense

Firdaus, salah satu relawan DMC Dompet Dhuafa, melaporkan langsung dari lokasi terdampak bahwa per Minggu (12/5) malam, di daerah Jorong Pagu-pagu, terdapat 11 orang terdampak bencana banjir ini.

“Dengan perincian 3 orang meninggal dunia, dan 3 orang lagi selamat, namun dalam kondisi luka-luka ringan dan berat. Pada malam ini pencarian masih dilanjutkan karena ada lima orang lagi yang belum ditemukan,” lapor Firdaus dari Jorong Pagu-pagu, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dalam keterangannya yang diterima Holopis.com hari ini.

Selain itu, merujuk data asesmen tim DMC Dompet Dhuafa, di Jorong Pagu-Pagu tercatat 17 orang mengungsi di kediaman keluarganya masing-masing yang dinilai aman dari banjir.

Bencana banjir bandang yang terjadi juga merusak beberapa fasillitas umum dan rumah-rumah warga di daerah ini. Dengan rincian 10 rumah, lima warung, 1 Pondok Bersalin Desa (polindes), masjid dan dampak kerusakan lainnya.

Firdaus juga melaporkan mengenai kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para penyintas bencana banjir ini berupa makanan siap saji, tikar, selimut, perlengkapan ibu dan bayi, hygiene kit, dan perlengkapan kebersihan.

Ia juga menjelaskan kondisi lapangan yang terjadi akibat banjir menyebabkan akses jalan terputus; beberapa akses jalan menuju lokasi yang tertimbun tanah longsor sehingga menyebabkan macet.

Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan kendala kepada berbagai relawan yang hendak membantu, baik dalam penanganan bantuan cepat maupun evakuasi warga terdampak.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan senilai 18 miliar rupiah kepada Pemerintah Papua Nugini.

Pamer Kondisi Fit, Prabowo Lari Kecil dan Pose Gaya Silat di Istana

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunjukan kondisinya kian sehat pasca menjalani operasi kakinya beberapa waktu lalu.

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS