Bakamla RI Pulangkan 18 Nelayan yang Ditangkap Pemerintah Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakamla RI berhasil membawa pulang sejumlah nelayan asal Indonesia yang ditangkap oleh pemerintah Australia sepanjang tahun 2024.

Komandan KN. Pulau Marore-322 Letkol Bakamla Adi Poetra Sitanggang menjelaskan, kepulangan mereka bisa dilakukan setelah sebelumnya dilakukan proses pemeriksaan.

“Sebanyak 18 nelayan asal Indonesia telah di serah terimakan oleh Pemerintah Australia lewat Australian Custom Vessel Cape Sorell milik Australian Border Force (ABF) kepada Bakamla RI,” kata Adi Poetra dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (13/5).

Serah terima tersebut diketahui dilakukan di atas KN. Pulau Marore-322, di Perairan Asmore Reef (Perbatasan Indonesia-Australia). Dimana 18 orang tersebut merupakan sebagian dari total 36 nelayan Indonesia yang ditangkap oleh Pemerintah Australia sepanjang tahun 2024. Kemudian nelayan tersebut telah menjalankan proses pemeriksaan, dan diberikan izin kepulangan.

“Proses pemulangan berlangsung dengan aman dan lancar. Sebanyak 18 nelayan dibawa melalui KN. Pulau Marore-322 milik Bakamla RI, dan 18 nelayan lainnya dibawa oleh KP Orca 05 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” jelasnya.

Setelah prosesi serah terima, nelayan tersebut diproses keimigrasian dan kesehatan diatas kapal. Rencananya, seluruh nelayan yang dibawa oleh KN Marore-322 dan KP Orca 05 akan diserahkan kepada perwakilan instansi pemerintah daerah Kupang dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Sulawesi Tenggara.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Bakamla Bangun Sistem Peringatan Dini di Natuna

Bakamla RI melaksanakan Ground Breaking pembangunan Kantor Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla RI Natuna di Desa Tanjung Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Bakamla Jemput 16 Nelayan Ilegal yang Ditangkap Malaysia

Bakamla RI melalui aset patroli KN Pulau Nipah-321 berhasil membawa pulang 16 nelayan Indonesia.

Bakamla Gagalkan Penyelundupan Kayu Ilegal di Laut Banda

Bakamla RI berhasil menggagalkan upaya penyelundupan kayu illegal yang dilakukan oleh pelaku pencurian.

Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Tinggi.

AS Puji Kemampuan Bakamla Jaga Keamanan Laut di Indo Pasifik

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah melakukan pertemuan dengan Deputy of the Chief of Naval Operations (CNO) Vice Admiral (VAdm) Eugene H. Black, di Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat pada Sabtu (9/3).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.