Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Kontrol Kolestrol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kacang mete ternyata banyak manfaatnya loh bagi kesehatan tubuh, salah satu dari sekian banyak manfaatnya adalah bisa mengontrol kolestrol. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Kacang Mete merupakan kacang yang asalnya dari pohon jambu mete.

Bagian yang bisa dikonsumsi adalah bijinya, maka dari itu jika sobat Holopis ingin mengonsumsinya, perlu diolah terlebih dahulu.

Berikut ini kandungan serta manfaat dari Kacang Mete, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

Kandungan Nutrisi dalam 28 Gram Kacang Mete

  • Kalori : 157
  • Protein : 5 gram
  • Lemak : 12 gram
  • Karbohidrat : 9 gram
  • Serat : 1 gram
  • Tembaga : 67 persen kebutuhan harian
  • Magnesium : 20 persen kebutuhan harian
  • Mangan : 20 persen kebutuhan harian
  • Zink : 15 persen kebutuhan harian
  • Fosfor : 13 persen kebutuhan harian
  • Zat besi : 11 persen kebutuhan harian
  • Selenium : 10 persen kebutuhan harian
  • Tiamin : 10 persen kebutuhan harian
  • Vitamin K : 8 persen kebutuhan harian
  • Vitamin B6 : 7 persen kebutuhan harian

Manfaat Kacang Mete

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Kacang mete memiliki kandungan kalori, tetapi tidak sebanyak jumlah jenis kacang lain. Selain itu, kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang ini membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu kamu mengontrol porsi makan.

2. Jaga Kesehatan Kantung Empedu

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa mengonsumsi kacang mete mampu menurunkan risiko pengangkatan kantung empedu.

Penelitiannya pada wanita yang mengonsumsi lebih dari lima ons kacang dalam seminggu, memiliki risiko kolesistektomi lebih rendah. Kolesistektomi adalah salah satu tindakan bedah untuk mengangkat kantung empedu.

3. Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang mete sebagai camilan sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini terjadi karena beberapa kandungan dalam kacang mete mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida yang bisa memicu penyakit yang menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung.

4. Mengontrol Kolestrol

Menurut penelitian The Journal of Nutrition yang berjudul Cashew Nut Consumption Increases HDL Cholesterol and Reduces Systolic Blood Pressure in Asian Indians with Type 2 Diabetes: A 12-Week Randomized Controlled Trial, Kacang Mete mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) pada orang dewasa.

Menurut penelitian tersebut, orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat mengalami peningkatan kolesterol baik setelah mengonsumsi 28-64 gram kacang ini per harinya. Sementara itu, angka penurunan bisa terjadi sebesar 24 persen daripada kelompok yang tidak mengonsumsinya.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jenis kacang ini baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 2. Kacang ini merupakan sumber serat yang baik, yang mampu mencegah lonjakan kadar gula.

Tidak ada salahnya coba untuk menjadikan kacang ini sebagai camilan sehat agar kadar gula darah tetap stabil dan terkontrol dengan baik.

6. Mencegah Kekurangan Nutrisi Tembaga

Kacang mete mengandung tembaga yang cukup tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, kacang ini baik untuk menjadi sumber nutrisi dalam pemenuhan kebutuhan tembaga dalam tubuh.

Tubuh memang tidak memerlukan nutrisi ini terlalu banyak. Namun, kekurangan tembaga bisa memicu berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari anemia, suhu tubuh yang rendah, masalah tiroid, hingga osteoporosis.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kacang mete memiliki kandungan tembaga. Karena kekurangan mineral tembaga dalam tubuh terkait dengan gangguan kesehatan pada tulang, dan menurunkan kepadatan mineral dalam tulang.

8. Mencegah Penyakit Stroke

Kandungan magnesium dalam kacang ini membantu menurunkan risiko penyakit stroke. Namun, selain mengonsumsi kacang ini, kamu juga perlu menjalankan gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko penyakit ini.

9. Menjaga kesehatan mata

Kacang mete juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan antioksidan zeaxanthin dapat melindungi kesehatan mata dari kerusakan eksternal. Selain itu, memenuhi kebutuhan antioksidan ini bisa mengoptimalkan penglihatan.

10. Mengoptimalkan kesehatan otak

Kacang jenis ini bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena adanya kandungan zat kimia saraf yang terkait dengan fungsi otak.

Meskipun begitu, penelitian masih perlu lebih lanjut untuk memastikan fungsinya pada kesehatan otak.

11. Cocok untuk diet

Jika kamu sedang menjalankan program diet, cobalah untuk memasukkan kacang ini pada menu diet kamu. Kacang ini memiliki kandungan kalori yang rendah daripada dengan jenis kacang yang lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru