BerandaOtoteknoTeknoAwas! 12 Aplikasi Xiaomi Ini Rentan Dihack

Awas! 12 Aplikasi Xiaomi Ini Rentan Dihack

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Baru-baru ini industri perangkat smartphone digegerkan dengan temuan adanya kerentanan keamanan digital dan siber terkait dengan platform di perangkat Xiaomi.

Oleh sebab itu, bagi Sobat Holopis yang saat ini menggunakan smartphone asal China tersebut, tampaknya Anda perlu lebih berhati-hati, karena adanya temuan 20 kerentanan yang memengaruhi perangkat mereka.

Kerentanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh hacker atau peretas untuk mendapatkan informasi sensitif dari pemilik ponsel Xiaomi. Tidak hanya itu, ada potensi juga untuk perangkat yang terpengaruh bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Kerentanan ini mempengaruhi MIUI dan HyperOS. Sebagai informasi, HyperOS yang merupakan versi terbaru MIUI. Aplikasi yang terpengaruh antara lain adalah yang sering digunakan pengguna, seperti Galeri, Mi Video, dan Pengaturan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Menariknya, beberapa kerentanan berasal dari patching aplikasi AOSP (Android Open Source Project) yang dilakukan Xiaomi, yang menunjukkan perlu dilakukan pengujian menyeluruh dan langkah-langkah keamanan selama proses patching.

Akan tetapi, langkah hati-hati para pengguna perlu diperhatikan pada beberapa aplikasi yang menyebabkan kerentanan keamanan. Dan berikut ini adalah informasi yang dilansir Gizmochina, dikutip Holopis.com, Jumat (10/5/2024).

1. Gallery (com.miui.gallery)

2. GetApps (com.xiaomi.mipicks)

3. Mi Video (com.miui.videoplayer)

4. MIUI Bluetooth (com.xiaomi.bluetooth)

5. Phone Services (com.android.phone)

6. Print Spooler (com.android.printspooler)

7. Security (com.miui.securitycenter)

8. Security Core Component (com.miui.securitycore)

9. Settings (com.android.settings)

10. ShareMe (com.xiaomi.midrop)

11. System Tracing (com.android.traceur)

12. Xiaomi Cloud (com.miui.cloudservice)

Meskipun tidak ada sistem yang sepenuhnya diklaim kebal terhadap kerentanan, respons yang diberikan Xiaomi dinilai sangat penting. Perusahaan asal China itu telah menunjukkan pendekatan proaktif dengan segera merilis pembaruan untuk menambal kerentanan yang signifikan, seperti yang dilaporkan oleh Microsoft mengenai pengelola file Xiaomi.

“Namun, penting bagi Xiaomi untuk menjaga kewaspadaan dan terus memprioritaskan keamanan dalam proses pengembangan perangkat lunaknya,” tulis laporan tersebut.

Audit keamanan rutin, patch tepat waktu, dan komunikasi transparan dengan pengguna mengenai pembaruan keamanan adalah praktik penting bagi perusahaan teknologi modern mana pun, terutama perusahaan sekelas Xiaomi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

AWARE ID Nilai Biaya, Standar Keamanan Siber Dan Regulasi Jadi Penyebab Serangan ke PDNS Kominfo

Founder Indonesian Asymmetric Warfare (AWARE ID) Seweit Hotroiman mengatakan bahwa persoalan keamanan data tidak boleh dipandang satu aspek saja. Sebab, semua komponen harus bersinergi dan saling melengkapi.

Cara Kembalikan Kepercayaan Publik Usai PDNS Kena Ransomware

Founder Indonesian Asymmetric Warfare (AWARE ID) Seweit Hotroiman mengatakan bahwa pemerintah harus segera mengembalikan kepercayaan publik tentang keamanan data pasca insiden serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Syam Basrijal Ingatkan Keamanan Siber Penting di Era Modern

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi seperti era saat ini memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat. Tentu keamanan data menjadi aspek yang sangat krusial.

Itel Vista Tab 30, Tablet Dibawah Rp 2 Juta yang Cocok Buat Anak Sekolah

Tablet Itel Vista Tab 30 resmi diluncurkan, dengan spesifikasi yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya untuk urusan belajar dan hiburan digital.

Seweit Hotroiman Sebut Kendala Keamanan Akibat IT Kurang Kompaknya ISM dan IR

Praktisi keamanan siber, Seweit Hotroiman mengatakan bahwa persoalan krusial dalam pengamanan teknologi informasi adalah ketidaksinkronan antara dua entitas penting, yakni pihak manajemen keamanan informasi (information security management) dan incident response (IR).

Trailer VR Anime Mobile Suit Gundam Silver Phantom Rilis, Pamerkan Lagu Tema Shoko Nakagawa

Kanal YouTube resmi untuk Mobile Suit Gundam menayangkan video trailer terbarunya yang mengungkap lagu tema Shōko Nakagawa "Across the World".
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS