Apakah Makan Sebelum Tidur Bikin Perut Buncit?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Makan sebelum tidur sering dianggap sebagai kebiasaan yang berpotensi membuat perut buncit. Namun, apakah hal ini benar adanya? Atau hanya mitos belaka?

Penyebab Perut Buncit

Sebelum membahas dampak makan sebelum tidur, penting untuk memahami terlebih dahulu penyebab perut buncit.

Perut buncit umumnya disebabkan oleh akumulasi lemak di area perut, yang bisa dipengaruhi oleh faktor seperti pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan faktor genetik.

Makan Sebelum Tidur dan Metabolisme

Ada pandangan bahwa makan sebelum tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penumpukan lemak.

Namun, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Obesity’ menemukan bahwa waktu makan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan berat badan atau peningkatan lemak tubuh.

Kandungan Kalori

Yang lebih penting daripada waktu makan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi sepanjang hari. Jika jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi kebutuhan tubuh, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan, termasuk di area perut.

Pola Makan yang Sehat

Lebih penting daripada waktu makan adalah pola makan secara keseluruhan. Memilih makanan yang seimbang, rendah lemak jenuh dan gula tambahan, serta tinggi serat, protein, dan nutrisi penting lainnya dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Anggapan mengenai makan sebelum tidur menyebabkan perut buncit sampai saat ini memang masih menjadi perdebatan, bahkan di dunia medis sekalipun. Namun dari beberapa penelitian yang ada, tidak ada bukti yang kuat untuk mendukung klaim bahwa makan sebelum tidur secara langsung menyebabkan perut buncit.

Kendati demikian, penting untuk tetap memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi dan memilih makanan dengan bijak untuk memperoleh kesehatan tubuh yang optimal.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

4 Alasan Vitamin C Jangan Ditinggalkan Tiap Pagi

Menggunakan serum vitamin C secara teratur di pagi hari dapat memberikan berbagai keuntungan bagi kesehatan dan kecantikan kulit Sobat Holopis.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.