BerandaNewsKesehatanJokowi Ingin Indonesia Genjot Jumlah Dokter Spesialis Baru

Jokowi Ingin Indonesia Genjot Jumlah Dokter Spesialis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa problem yang tengah dihadapi oleh Indonesia saat ini adalah kekurangan jumlah dokter spesialis.

“Dalam beberapa bulan terakhir, saya melihat tantangan terbesar di sektor kesehatan ialah kekurangan dokter spesialis, terutama di provinsi-provinsi kepulauan,” kata Jokowi dalam kegiatan Peluncuran Pendidikan Dokter Spesialis yang diselenggarakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Harapan Kita, Jakarta. Senin (6/5) seperti dikutip Holopis.com.

Menurutnya, hal ini penting untuk disikapi secara serius agar kebutuhan dokter spesialis dapat terpenuhi dengan baik, termasuk di kawasan pelosok. Terlebih jika dilihat dari aspek kebutuhannya, saat ini Indonesia tercatat sebagai negara dengan ketersediaan dokter rendah.

“Indonesia saat ini berada di peringkat 147 dunia dan peringkat 9 ASEAN terkait jumlah dokter yang ada, sehingga menunjukkan urgensi peningkatan jumlah dokter spesialis di Indonesia,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Padahal kata Jokowi, Indonesia sedang menghadapi bonus demografi sehingga ini menjadi kesempatan yang baik untuk menggenjot munculnya dokter-dokter spesialis baru di Indonesia.

“Di samping itu, ada bonus demografi Indonesia 10-15 tahun mendatang yang harus dimaksimalkan, di antaranya 68 persen usia produktif harus didukung dengan kesehatan yang baik,” tuturnya.

“Maka, peningkatan jumlah dokter spesialis di Indonesia menjadi suatu hal yang sangat penting, seiring dengan ketersediaan peralatan kesehatan yang lebih baik dan lengkap,” sambung Jokowi.

Dengan demikian, Presiden Jokowi mengapresiasi langkah konkret Kementerian Kesehatan dalam upaya menelurkan dokter-dokter spesialis baru untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Indonesia.

“Untuk itu, kolaborasi yang kompak antara fakultas kedokteran dan rumah sakit pun sangat diperlukan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah, Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Mensetkab Pramono Anung Wibowo dan juga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS