BerandaHiburanWisata8 Danau Terbaik di Indonesia, Ada Toba di Sumut Hingga Beratan Bali

8 Danau Terbaik di Indonesia, Ada Toba di Sumut Hingga Beratan Bali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Danau Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Mei tentu patut untuk dimeriahkan, salah satunya dengan mencari pengetahuan destinasi wisata danau terbaik di Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang patut untuk dinikmati.

Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, menyimpan berbagai destinasi wisata menakjubkan, salah satunya adalah danau-danau yang mempesona. Dari barat hingga timur, dari utara hingga selatan, danau-danau di Indonesia menawarkan keindahan alam yang memukau dan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Berikut adalah 8 danau terbaik di Indonesia yang patut Anda kunjungi:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di dunia yang terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa ribuan tahun yang lalu. Terletak di Pulau Sumatera, danau ini menawarkan pemandangan alam yang memesona dengan panorama pegunungan yang mengelilingi danau.

Penerbit Iklan Google Adsense

Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya berdiam sebuah pulau dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura.

Anda dapat mengakses Danau Toba melalui Bandara Internasional Silangit atau dengan perjalanan darat dari Medan.

2. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Terletak di Sumatera Barat, Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang terkenal karena keindahan alamnya yang menawan. Anda dapat menikmati pemandangan indah danau ini dari puncak Bukit Lawang yang terkenal.

Danau ini terletak di ketinggian kurang lebih 461 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Danau Maninjau membentang sekitar 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter.

Untuk mencapai Danau Maninjau, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari Padang atau Bukittinggi.

3. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu adalah sebuah keajaiban alam yang terletak di Pulau Flores. Salah satu daya tarik utamanya adalah warna air danau yang berubah-ubah, mulai dari biru, hijau, hingga hitam, yang disebabkan oleh mineral dan gas vulkanik.

Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Namun patut diketahui Sobat Holopis, bahwa Danau Kelimutu terdiri dari tiga danau dengan ukuran yang berbeda, antara lain ; Tiwu Nuwa Muri Koo Fai: Danau biru dengan luas sekitar 5,5 hektare, Tiwu Ata Polo: Danau merah dengan luas sekitar 4 hektare dan kedalaman 64 meter, dan Tiwu Ata Mbupu: Danau putih dengan luas sekitar 4,5 hektare.

Anda dapat mencapai Danau Kelimutu dengan perjalanan darat dari kota Ende.

4. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani adalah danau alami terbesar di Papua yang terletak dekat dengan kota Jayapura. Danau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang spektakuler, pulau-pulau kecilnya, dan rumah-rumah tradisional suku-suku di sekitarnya.

Danau ini terbentang antara Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.

Anda bisa mengunjungi Danau Sentani dengan perjalanan darat atau udara dari Jayapura.

5. Danau Ranau, Sumatera Selatan

Danau Ranau adalah sebuah danau indah yang terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung. Dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan pegunungan, danau ini menawarkan pemandangan alam yang memesona.

Terletak di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, rentang luas danau ini mencapai 125.9 km². Luas Danau Ranau 2/3 di antaranya masuk dalam wilayah Lampung Barat, tepatnya di Kecamatan Lumbok Seminung.

Anda dapat mengakses Danau Ranau dengan perjalanan darat dari Kota Palembang atau Bandar Lampung.

6. Danau Linow, Sulawesi Utara

Terletak di Minahasa, Sulawesi Utara, Danau Linow adalah sebuah danau kawah yang terkenal dengan perubahan warna airnya yang unik. Walaupun hanya memiliki luas sekitar 34 kilometer persegi, namun danau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Salah satunya karena warna air danau dapat berubah, mulai dari hijau, biru, dan kuning kecokelatan.

Anda bisa mencapai Danau Linow dengan perjalanan darat dari Kota Manado.

7. Danau Beratan, Bali

Danau Beratan adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di kawasan pegunungan Bedugul, Bali. Terkenal dengan Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di tepi danau, danau ini menawarkan pemandangan indah serta udara yang sejuk.

Danau Beratan ini memiliki luas sekitar 375,6 hektar dan menjadi danau terluas kedua setelah Danau Batur.

Untuk bisa mencapai Danau Beratan, Anda bisa mengunjunginya dengan perjalanan darat dari Denpasar.

8. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau Poso adalah salah satu danau terbesar di Sulawesi Tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan, danau ini menawarkan pemandangan yang memukau serta berbagai aktivitas wisata air.

Danau ini memiliki luas 323 kilometer persegi itu terletak di selatan Kabupaten Poso, terbentang dari Tentena di utara, ke Pendolo, Kecamatan Pamona Timur, di sisi selatan.

Anda dapat mengunjungi Danau Poso dengan perjalanan darat dari kota Palu.

Tips Berwisata yang Baik

Jika Sobat Holopis ingin mengunjungi danau-danau di atas dalam waktu dekat, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa hal di bawah ini demi kenyamanan dan ketenangan sepanjang berwisata.

– Rencanakan Perjalanan Anda:
Buatlah rencana perjalanan yang baik sebelum berangkat, termasuk transportasi, akomodasi, dan aktivitas yang akan dilakukan.

– Pakailah Pakaian yang Nyaman:
Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan dilakukan.

– Bawa Perlengkapan yang Diperlukan:
Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti sunblock, topi, dan air minum untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda.

– Jaga Kebersihan:
Selalu jaga kebersihan lingkungan saat berwisata. Jangan membuang sampah sembarangan dan bantu menjaga kelestarian alam.

– Hormati Kearifan Lokal:
Yang tak kalah penting dari semua persiapan di atas adalah menjaga etika dan kesusilaan. Sebagai pendatang tentu kita harus menghormati budaya dan kearifan lokal di suatu wilayah agar tercipta keharmonisan antara Anda sebagai pendatang atau pengunjung dengan masyarakat lokal.

Dengan mengikuti tips berwisata yang baik, Anda dapat menikmati pengalaman wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan di berbagai danau indah di Indonesia. Selamat berpetualang!

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenparekraf Genjot Peran Perempuan Dalam Industri Pariwisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong penguatan pengarusutamaan gender (PUG) sebagai upaya meningkatkan kesetaraan hak antara kaum laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata.

Ancol Tambah Kapasitas Kantung Parkir Saat Puncak HUT 497 Tahun Jakarta

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyediakan lahan parkir untuk sebanyak 3.000 kendaraan saat acara puncak Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta pada 22 Juni 2024 mendatang.

Sandiaga Ancam Deportasi Semua Turis Tak Beradab

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas para wisatawan asing atau turis yang tak punya adab dalam mengunjungi tempat wisata di Indonesia.

Sandiaga Uno Tak Setuju Study Tour Dihapuskan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno tak setuju dengan wacana penghapusan study tour bagi pelajar di Indonesia.

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Dia mengatakan bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya dan untuk sementara pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Daftar Masjid di 5 Kota yang Wajib Dikunjungi saat Bulan Ramadan

Jika ingin berwisata dengan keluarga agar bulan suci Ramadan semakin terasa, ada beberapa kota di Indonesia yang wajib dikunjungi agar Sobat Holopis bisa refreshing, dan merasakan suasana bulan puasa di tiap daerah.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS