Sri Mulyani Bawa Kabar Baik, Paket Pensiun Dini PLTU Masuk Tahap FInalisasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kabar baik, dimana paket pensiun dini pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara sudah masuk dalam tahap finalisasi.

Dia menyebut, paket pensiun dini PLTU batubara berkapasitas 660 megawatt tersebut nantinya akan menjadi proyek percontohan untuk transisi energi di Tanah Air.

“Saat ini, kami sedang dalam tahap finalisasi paket pensiun dini untuk pembangkit listrik tenaga batubara berkapasitas 660 megawatt yang akan menjadi proyek percontohan kami,” kata Sri Mulyani di Tbilisi, Georgia seperti dikutip Holopis.com, Minggu (5/5).

“Kami berharap proyek ini dapat sukses dan direplikasi di pembangkit listrik tenaga batubara lainnya,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, proses transisi energi dari energi fosil ke energi ramah lingkungan membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Untuk itu, Bendahara Negara itu mengajak negara dan pihak lain untuk turut serta dalam proyek transisi energi di Indonesia.

“Mengingat besarnya kebutuhan finansial untuk transisi energi, kami ingin mengundang negara dan pihak lain untuk mendukung kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan transisi ke energi terbarukan menghadirkan tantangan yang berat, karena ketergantungan Indonesia pada batu bara dan sumber daya tak terbarukan lainnya. Meskipun ada kebutuhan untuk beralih ke energi terbarukan, tingginya biaya untuk melakukan transisi tersebut menimbulkan beban keuangan yang signifikan.

Kendati demikian, Indonesia tetap berkomitmen untuk mencapai target 66 persen energi terbarukan pada 2050, meskipun diperlukan investasi besar untuk mencapai tujuan tersebut.

Indonesia pun saat ini telah memilik Energy Transition Mechanism (ETM) untuk mempercepat kemajuan transisi, yang merupakan hasil kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB).

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Pertamina Kolaborasi dengan Toyota Uji Coba Bioetanol dari Tanaman Sorgum

Pertamina terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan bioenergi di berbagai sektor, dengan mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi.

Disnaker DKI Bakal Jadikan Gedung di Jakpus Pilot Project Audit Energi

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta akan menjadikan bangunan dan gedung pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) sebagai pilot project penghematan dan audit energi.

Pemerintah Kantongi Dana Segar Rp 22 Triliun dari Lelang 7 Seri SUN

Pemerintah berhasil mengantongi dana segar senilai Rp 22 triliun dari lelang 7 (tujuh) seri Surat Utang Negara (SUN).

Akhirnya Wajib Pajak Tak Perlu Lapor SPT Tahunan

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan mempermudah proses pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan seiring dengan penerapan Core Tax Administration System.

Di Hadapan Sri Mulyani, Bank Dunia Puji Ekonomi RI

Bank Dunia (World Bank) mengapresiasi kinerja ekonomi Indonesia yang mampu tumbuh stabil di angka 5 persen, dengan tingkat inflasi yang tetap terjaga rendah.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi...