Hari Bidan Internasional 5 Mei, Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Bidan Internasional atau The International Day of the Midwife dirayakan setiap tanggal 5 Mei. Hari ini dirayakan demi meningkatkan kesadaran terkait pentingnya profesi kebidanan dalam membantu proses bersalin dan kesehatan ibu dan anak.

Hari dirayakan di lebih dari 50 negara di seluruh dunia dan juga berbagai organisasi internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization serta UNFPA.

Bagaimana sejarah hari ini hingga menjadi salah satu perayaan internasional yang penting untuk dirayakan?

Sejarah Profesi Bidan dan PerayaanHari Bidan Internasional

Konfederasi Bidan Internasional atau International Confederation of Midwives (ICM) pertama kali menetapkan hari ini pada tahun 1992. Kebidanan sudah ada sejak zaman prasejarah. Tercatat dalam sejarah dunia ada tradisi bidan di seluruh dunia.

Studi terkait kelahiran pun dipelajari oleh para wanita. Dahulu, ilmu-ilmu mereka didapatkan dari pengalaman dan juga kepercayaan-kepercayaan takhayul. Namun saat ini sudah ada ilmu khusus yang mempelajari ilmu tersebut, yaitu OB/GYN dan Dokter Obstetri.

Cara Merayakan Hari Bidan Internasional

Beberapa cara merayakan hari bidan bisa dilakukan dengan membuat seminar sosialisasi, arisan bidan, hingga kegiatan lainnya. Seperti misalnya seminal tentang laktasi, perawatan kulit untuk ibu baru, dll.

Tema Hari Bidan Internasional Tahun Ini

Pada tahun lalu yaitu 2023, tema Hari Bidan yang dipilih adalah Together again: from evidence to reality atau dapat diartikan sebagai bersama lagi dari bukti-bukti hingga kenyataan.

Tahun ini, tema yang diambil adalah Midwives: A vital climate solution atau Bidan: solusi iklim yang penting.

Ayo rayakan Hari Bidan Internasional dan tegakkan kesadaran masyarakat demi ibu dan bayi yang sehat.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Hari Museum Internasional, 18 Mei : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD) diperingati pada tanggal 18 Mei di setiap tahunnya.

Peringati Harbuknas, Ini 4 Tips Agar Koleksi Buku Tahan Lama

Sama seperti barang koleksi lainnya, mengoleksi buku juga membutuhkan perawatan khusus agar buku-buku tersebut bertahan lama dan bisa dibaca oleh berbagai generasi.

Sejarah Hari Buku Nasional, Mari Budayakan Kebiasaan Membaca

Hari ini adalah hari yang sangat spesial, khususnya untuk para Sobat Holopis yang memiliki hobi membaca. Setiap tanggal 17 Mei, merupakan Hari Buku Nasional (Harbuknas) di Indonesia.

Sejarah Gunting Kuku, Begini Awal Mulanya

Gunting kuku adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong kuku. Gunting kuku seperti kita ketahui, terbuat dari logam dengan prinsip kerja tuas.

Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya

Setiap tanggal 17 Mei, dunia memperingati Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia atau World Telecommunication and Information Society Day (WTISD).
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.