BerandaIslampadDoa dan HadistAmalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Rasulullah SAW sendiri menekankan pentingnya menjaga dan memanfaatkan hari Jumat dengan amalan-amalan yang baik. Salah satu waktu yang paling utama untuk beribadah di malam Jumat adalah saat menjelang subuh pada Jumat atau disebut juga sebagai Jumat malam Sabtu.

Berikut adalah beberapa dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca di malam tersebut:

1. Surat Al-Kahfi
Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Jumat adalah membaca Surat Al-Kahfi. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. An-Nasa’i).

Penerbit Iklan Google Adsense

2. Dzikir Tasbih
Dzikir tasbih adalah dzikir yang terdiri dari mengucapkan tasbih, tahmid, dan takbir. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa pada malam Jumat mengucapkan seratus kali: “La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa Huwa ‘ala kulli syai’in Qadir.” maka bagi mereka itu seumpama memerdekakan sepuluh budak, dituliskan bagi mereka seratus kebaikan, dihapuskan bagi mereka seratus keburukan, dan bagi mereka itu pula perlindungan dari setan pada hari itu hingga petang hari. Tidaklah seorang pun dari kalangan hamba-hamba yang menyampaikan sesuatu yang lebih baik dari pada apa yang diucapkan oleh orang yang itu, kecuali orang yang menyampaikan lebih banyak dari itu.” (HR. Bukhari).

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ”

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar

Artinya:
Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

3. Doa pada Malam Jumat
Doa juga merupakan salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Jumat. Berikut adalah doa yang bisa dibaca:

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ
(Rabbighfir warham wa anta khairur rahimiin)
Artinya: “Ya Tuhanku, berilah ampunan dan rahmat, dan Engkaulah sebaik-baik Pemberi rahmat.”

اللَّهُمَّ يَسِّرْ وَلَا تُعَسِّرْ، اللَّهُمَّ تَمِّمْ بِالْخَيْرِ
(Allahumma yassir wala tu’assir, Allahumma tammim bilkhair)
Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit, ya Allah, sempurnakanlah dengan kebaikan.”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
(Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu ‘abduka wa nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wa sallama, wa na’udzubika min syarri ma asta’adzaka minhu ‘abduka wa nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wa sallama)
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu segala kebaikan yang dimohon oleh hamba dan nabi-Mu Muhammad SAW, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang dimohon oleh hamba dan nabi-Mu Muhammad SAW.”

Mengisi malam Jumat atau malam Sabtu dengan amalan-amalan yang baik adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, kita mendapatkan keberkahan dan keampunan dari-Nya. Aamiin.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah di hari Tarwiyah dan Arafah. Lantas, kapan puasa Tarwiyah...

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam, karena adanya beberapa dalil yang menunjukkan keagungan dan keberkahan hari tersebut...

Amalan Makan Sebelum Shalat Ied, Berikut Penjelasannya

Sebelum menjalani shalat Ied, disunnahkan bagi umat Islam untuk makan sekedarnya terlebih dahulu, seperti memakan beberapa biji kurma dengan jumlah yang ganjil.

Doa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

Di penghujung bulan Ramadan, setiap detik terasa begitu berharga. Hari-hari terakhir di bulan suci ini tidak hanya menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah dan doa tapi juga kesempatan untuk merenungkan kembali perjalanan spiritual selama sebulan penuh

Waktu dan Niat Zakat Fitrah

Di dalam mengakhiri Ramadan, ada sebuah tuntunan syariat yang tidak boleh dilewatkan, yakni zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib.

Doa Agar Bisa Menahan Emosi Ketika Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah puasa, tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari meluapnya emosi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS